• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Pantura

Usai Lebaran, Ansor di Lamongan Mulai Aktivitas dengan Halal Bihalal

Usai Lebaran, Ansor di Lamongan Mulai Aktivitas dengan Halal Bihalal
Halal bihalal PAC GP Ansor Sambeng, Kabupaten Lamongan. (Foto: NOJ/TNM)
Halal bihalal PAC GP Ansor Sambeng, Kabupaten Lamongan. (Foto: NOJ/TNM)

Lamongan, NU Online Jatim

Perayaan Idul Fitri 1442 Hijriyah telah usai. Memulai aktivitas setelah libur Lebaran, Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Sambeng, Kabupaten Lamongan, menggelar acara halal bihalal di Masjid Baitusholihin Desa Garung, Kecamatan Sambeng, Selasa (25/05/21). Halal bihalal itu sekaligus kegiatan penanda kegiatan rutin MDS Rijalul Ansor dimulai lagi.

 

Turut Hadir dalam acara itu Ketua PC GP Ansor Lamongan masa khidmat 2010-2013 Khoirul Huda, Ketua MDS Rijalul Ansor Lamongan Nihrul Bahi El-Haidar, dan Khoirul Hasyim selaku perwakilan Pimpinan Wilayah GP Ansor Jawa Timur.

 

Ketua MDS Rijalul Ansor Lamongan Nihrul Bahi El-Haidar menyampaikan tentang tiga bentuk khidmad kepada Nahdlatul Ulama, yaitu bilmahri (dengan harta), binnafsi (dengan raga), dan biddu’a(dengan Doa). Dengan begitu, menurutnya, cara berkhidmad setiap kader berbeda-beda sesuai dengan kemampuannya.

 

"Cara dakwah dan syiar GP Ansor sekarang tidak hanya di masjid, mushala atau surau, namun bisa dilakukan di kafe-kafe, warung kopi, dan lain sebagainya. Sehingga bisa menyentuh pada generasi muda untuk bisa ikut dan khidmat kepada NU dengan cara diskusi atau dialog," kata Nihrul.

 

Ketua PAC GP Ansor Sambeng Amirul Ahsanuddin dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan-kegiatan seperti ini harus tetap dilakukan dalam rangka menjaga silaturrahim dan juga kekompakan. Karena hidupnya sebuah organisasi dilihat dari aktifitas kegiatan dari organisasi tersebut.

 

"Kita tetap harus mempertahankan kegiatan kegiatan yang menjadikan tanggung jawab di ansor dan saya berharap halal bihalal ini di tahun-tahun berikutnya juga," ujar Gus Irul, sapaan akrab Amirul Ahsanuddin.

 

Hal senada juga disampaikan perwakilan Pimpinan Wilayah GP Ansor Jawa Timur Khoirul Hasyim. Kata dia, tantangan Ansor saat ini berbeda dengan Ansor zaman dulu. Sekarang sudah zamannya digitalisasi, kader Ansor harus melek teknologi dan juga harus menguasasi media sosial.

 

"Mari kita cegah radikalisasi dan juga menjaga serta melestarikan nilai-nilai Aswaja melalui media sosial," ujarnya.

 

Editor: Nur Faishal


Pantura Terbaru