• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 2 Juli 2022

Metropolis

Pertahankan Tradisi, Ansor di Sidoarjo ‘Riyayan’ ke Tokoh NU

Pertahankan Tradisi, Ansor di Sidoarjo ‘Riyayan’ ke Tokoh NU
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Krembung Kabupaten Sidoarjo yang menggelar Riyayan kepada tokoh NU, Ahad (23/05/2021). (Foto: NOJ/ Sutrisno Akbar).
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Krembung Kabupaten Sidoarjo yang menggelar Riyayan kepada tokoh NU, Ahad (23/05/2021). (Foto: NOJ/ Sutrisno Akbar).

Sidoarjo, NU Online Jatim

Tradisi Riyayan adalah momen silaturahim dalam suasana Idul Fitri yang dilakukan oleh umat muslim khususnya di Jawa. Kegiatannya mengunjungi keluarga,  saudara, kerabat dan teman baik yang jauh maupun dekat untuk meningkatkan hubungan kekeluargaan diantara sesama. 

 

Hal tersebut juga dilakukan pada pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Krembung Kabupaten Sidoarjo yang menggelar Riyayan kepada tokoh NU. Termasuk ke pembina Ansor serta Ketua MUI Kecamatan Krembung pada Ahad (23/05/2021). 

 

Ketua PAC Ansor Krembung Fahrizal Muafi mengatakan, pada dasarnya kegiatan tersebut adalah tradisi rutinitas tahunan yang  perlu dilestarikan.

 

"Riyayan atau silaturahim safari Idul Fitri ke tokoh-tokoh NU, MWCNU, ulama-ulama dan juga pembina atau para mantan Ketua GP Ansor adalah untuk menjalin ukhuwah islamiah, ukhuwah wathoniyah dan ukhuwah basyariyah atau sambung rasa, sambung seduluran (persaudaraan) dan rasa tadzim kita kepada beliau semua," jelas Muafi sapaan akrabnya. 

 

Acara yang dimulai pukul 07.30 WIB tersebut diikuti oleh para pengurus PAC dan Ketua Ranting Ansor se Kecamatan Krembung. Kegiatan diawali sowan kepada para pembina Ansor , Ketua MWCNU dan Rais Syuriah MWCNU hingga Ketua MUI Krembung.  

 

Ketua MWCNU Krembung HM Suyanto mengucapkan terima kasih kepada jajaran pengurus Ansor yang selama ini turut memberikan kontribusi positif dan bersinergi dengan efisien dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh MWCNU.

 

"Baik Ansor maupun Banser sudah membuktikan khidmahnya di NU, kami berharap semoga kedepan Ansor bisa lebih baik lagi dalam mengimplementasikan program baik terkait kegamaan maupun kemasyarakatan, untuk bersama-sama memajukan MWCNU di tengah umat," ungkap Abah Yanto.

 

Sementara H Moh Sudjak selaku Ketua MUI Krembung memberikan beberapa pesan bahwa Ansor adalah pemudanya NU yang harus punya peran besar di tengah umat secara umum. Serta bisa berkontribusi dengan lembaga di NU, MUI dan mendukung kegiatan pemerintah dalam bidang pembinaan dan kemasyarakatan. 

 

"Apabila Ansor ini bisa bersinergi dengan MUI dan pemerintah untuk mensupport serta mendukung dan mengawal semua kegiatan khusunya program program dari MUI, maka saya yakin, Ansor akan menjadi Banom NU yang dibutuhkan oleh masyarakat, karena mayoritas warga Kecamatan Krembung ini adalah warga NU," papar Abah Sujak sapaan akrabnya

 

Lebih lanjut Abah Sudjak menjelaskan bahwa program MUI yang sudah disampaikan di forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) salah satunya adalah terkait Narkoba.

 

 

"Jadi nanti insyallah setelah dilantik, MUI kedepannya akan fokus untuk membantu Forkopimka Kecamatan Krembung dalam upaya pencegahan Narkoba, dan ini kita juga butuh kerja sama dengan Ansor sebagai kader muda khususnya untuk penanggulangan dan pencegahan Narkoba di wilayah Kecamatan Krembung," sambung Abah Sudjak.

 

Editor: Romza


Editor:

Metropolis Terbaru