• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 4 Desember 2022

Madura

Dilantik, Pramuka Ma’arif NU Sumenep Diingatkan soal Tanggung Jawab

Dilantik, Pramuka Ma’arif NU Sumenep Diingatkan soal Tanggung Jawab
Prosesi pelantikan pengurus Sako Pramuka Ma'arif NU Sumenep. (Foto: NOJ/ Firdausi)
Prosesi pelantikan pengurus Sako Pramuka Ma'arif NU Sumenep. (Foto: NOJ/ Firdausi)

Sumenep, NU Online Jatim

Ketua Harian Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Sumenep, H Moh Sirad Aidy menyampaikan, bahwa Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Ma’arif NU mempunyai tanggung jawab besar untuk menggerakkan dan mengembangkan kepramukan di Nahdlatul Ulama (NU). 

 

Penegasan ini disampaikan saat prosesi pelantikan Pengurus Cabang (PC) Sako Pramuka Ma’arif NU Sumenep masa bhakti 2021-2025. Acara dipusatkan di Pondok Pesantren Nurul Jadid Dusun Duwe’ Buter, Desa Padangdangan, Pasongsongan, Sumenep.

 

“Tanggung jawab ini harus didasari secara suka rela dan tidak memasukkan kepentingan pribadi atau pun golongan lain. Hal terpenting adalah menjadi contoh bagi teman sejawat, terlebih peserta didik Pramuka,” ujarnya.

 

Tak hanya itu, hendaknya Sako Pramuka Ma’arif NU memaksimalkan kegiatan kepramukaan yang berorientasi pada pembinaan pendidikan kepramukaan yang berkarakter keagamaan.

 

Sementara Ketua Sako Pramukan Ma’arif NU Sumenep, A Rofik merasa bangga pelantikan dilakukan di hadapan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep, baik dari unsur Syuriyah dan Tanfidziyah. 

 

“Hal ini dilakukan atas harapan untuk mendapatkan saran dan bimbingan saat menjalankan program kepramukaan. Tentu, sejumlah program yang selaras dan berorientasi pada penguatan ajaran Islam Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah,” terangnya.

 

Menurutnya, saat ini pemuda atau anak usia sekolah banyak menanti kegiatan kepramukaan. Apalagi pramuka menjadi kegiatan ekstrakurikuler di setiap lembaga pendidikan negeri atau pun swasta. 

  

“Maka, hal yang sangat tepat kehadiran Sako Pramuka Ma’arif NU dalam membina peserta didik, dan mengenalkan Islam Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah sejak dini melalui kegiatan pramuka. Mohon dukungannya,” tandasnya.


Madura Terbaru