• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 26 November 2022

Malang Raya

Doa Bersama IPNU-IPPNU Malang, Ketua PDNU Jelaskan Penularan Covid-19

Doa Bersama IPNU-IPPNU Malang, Ketua PDNU Jelaskan Penularan Covid-19
Ketua PP PDNU, Muhammad Shobachun Niam saat doa bersama yang diadakan PC IPNU-IPPNU Kota Malang. (NOJ/Indra Nurdien Hakim).
Ketua PP PDNU, Muhammad Shobachun Niam saat doa bersama yang diadakan PC IPNU-IPPNU Kota Malang. (NOJ/Indra Nurdien Hakim).

Malang, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kota Malang menggelar doa bersama secara virtual, Jumat (30/07/2021). Kegiatan ini dilaksanakan sebagai ikhtiar supaya Pandemi Covid-19 segera berakhir. Ketua Pengurus Pusat (PP) Perhimpunan Dokter Nahdlatul Ulama (PDNU) Muhammad Shobachun Niam yang hadir dalam kegiatan tersebut mengingatkan tentang penularan Covid-19.

 

"Doa bersama ini digelar sebagai bentuk ikhtiar lahir dan batin dalam menghadapi pandemi Covid-19 di Kota Malang," kata Ilman Ardhy Chalim, Ketua IPNU Kota Malang.

 

Ilman menambahkan, kegiatan ini merupakan upaya bersama dalam menjaga ritme dan dinamika organisasi di tengah kondisi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang masih berlanjut. 

 

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan wadah bagi para pengurus untuk mengetuk langit dengan harapan pandemi ini segera selesai.

 

"Memang pandemi ini secara medis disebabkan oleh virus. Namun, semua yang terjadi atas kehendak Allah SWT. Kita ikhtiar lahir batin berdoa, diniatkan meminta kepada yang maha menghendaki agar diberikan keselamatan dan kesehatan di tengah pandemic," ungkap Ilman.

 

Sementara itu, Silvi Tri Anggraeni dan Shofwatul Qolbiyah mengungkapkan, kegiatan ini dihadiri sekitar 70 peserta. Kegiatan dimulai dengan pembukaan kemudian dilanjutkan pembacaan istighotsah.

 

"Tidak hanya internal saja, tingkatan bawah serta badan otonom juga turut andil dalam kegiatan istighotsah dan doa bersama," ujarnya.

 

Ketua PP PDNU, Muhammad Shobachun Niam juga turut hadir dalam kegiatan guna memberikan tausiyah.

 

Dokter santri ini memberikan pemahaman terkait pandemi Covid-19 serta hikmahnya dalam pandangan Islam.

 

Ia menjelaskan bahwa penularan Covid-19 dapat terjadi melalui udara yang dapat dihasilkan pada saat tertawa, bicara, batuk dan bersin dengan ukuran 0,5 -12 um diameter infeksius. 

 

"Adapun untuk mengantisipasi terjadinya droplet maka protokol kesehatan harus selalu diterapkan. Corona virus juga dapat terjadi karena kontak langsung, maka semua diimbau untuk selalu menjaga jarak," jelasnya.

 

Siti Aisyah Rosadi selaku Ketua IPPNU Kota Malang mengimbau semua yang hadir pada kegiatan tersebut untuk selalu ingat pada 5 M. Yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, membatasi mobilitas, dan menghindari kerumunan.

 

 

"Semoga pandemi ini segera berakhir dan kondisi bangsa Indonesia berangsur-angsur membaik. Kita harus selalu berikhtiar lahir untuk melindungi diri sendiri dari orang lain. Selain itu juga tetap melakukan berikhtiar secara batin dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT," harapnya.

 

Editor: Romza


Editor:

Malang Raya Terbaru