• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 4 Desember 2022

Parlemen

DPRD Jatim Minta Kepala OPD Segera Tentukan Langkah Taktis untuk Masyarakat

DPRD Jatim Minta Kepala OPD Segera Tentukan Langkah Taktis untuk Masyarakat
Ahmad Athoillah, Komisi B DPRD Jatim. (Foto: NOJ/lj)
Ahmad Athoillah, Komisi B DPRD Jatim. (Foto: NOJ/lj)

Surabaya, NU Online Jatim

Setelah sekian lama beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Jawa Timur mengalami kekosongan jabatan, akhirnya (Pemprov) Jawa Timur melantik 16 orang untuk mengisi kursi pejabat pimpinan tinggi pratama.

 

Pelantikan tersebut tertuang dalam Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor : 821.2/3583/204/2021 Tanggal 26 Juli 2021.

 

Dalam hal tersebut, Anggota DPRD Jawa Timur, Ahmad Athoillah berharap, terisinya kursi OPD tersebut dapat mempercepat realisasi APBD Jawa Timur di tahun 2021.

 

Mas Atho' sapaan akrabnya mengatakan para kepala OPD yang baru dilantik ini harus segera menentukan kebijakan strategis kedepannya. Agar mesin pemerintahan di Jawa Timur ini berjalan semaksimal mungkin. 

 

"Tidak usah terlalu lama dalam menentukan kebijakan, yang penting tidak melanggar peraturan, sudah sesuai prosedur, langsung saja dijalankan karena masayarakat sudah menunggu," katanya, Kamis (29/07/2021).

 

Yang tak kalah penting, menurut Wakil Sekretaris Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur ini adalah sinergitas dari lembaga eksekutif dan legislatif dalam memajukan Jawa Timur ke depan. Bahu membahu dalam menentukan arah kebijakan, khususnya dalam memulihkan kondisi sosial ekonomi masyarakat akibat pandemi Covid-19.

 

"Kita semua harus saling bahu-membahu. Ketika ada peran strategis Pemprov Jawa Timur bisa langsung diberitahukan DPRD Jawa Timur ke masing-masing komisi mitra kerja, karena tidak ada yang lebih penting terkecuali peran Pemprov untuk masayarakat Jawa Timur," imbuh pria yang juga anggota Komisi B DPRD Jatim ini. 

 

Dirinya berkomitmen kegiatan sosial juga diperbanyak di masa pandemi Covid-19 ini.

 

"Kami pun juga memaksimalkan untuk membuat beberapa kegiatan sosial, untuk sedikit mengurangi beban masyarakat. Kami berharap peran Pemerintah Provinsi Jawa Timur, segera melakukan upaya-upaya strategis, yang tidak terlalu memberatkan masyarakat Jawa Timur," lanjutnya. 

 

Sebagai lembaga legislatif pihaknya akan terus melakukan pengawalan dari semua kebijakan yang ada. Memberikan kritik dan saran agar kebijakan dapat berjalan searah dengan kesejahteraan masyarakat.

 

"Sekali lagi, kami ucapkan selamat mengemban Amanah. Kami dari Fraksi PKB Jawa Timur akan terus melakukan upaya controlling, terus mengingatkan, memberikan saran strategis dan mengaspirasikan sesuai dar hasil tinjauan di masing-masing derah pemilihan," tegasnya.


Parlemen Terbaru