• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 28 Januari 2023

Metropolis

LAZISNU Ranting Kebonsari Sidoarjo Punya Ambulans, Layanan Maksimal

LAZISNU Ranting Kebonsari Sidoarjo Punya Ambulans, Layanan Maksimal
Ambulans milik UPZIS LAZISNU Kebonsari, Candi, Sidoarjo, saat menjemput pasien di rumah sakit. (Foto: NOJ/SA)
Ambulans milik UPZIS LAZISNU Kebonsari, Candi, Sidoarjo, saat menjemput pasien di rumah sakit. (Foto: NOJ/SA)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) kini perannya mulai banyak dirasakan masyarakat secara umum, dari provinsi hingga desa-desa. Contohnya UPZIS Ranting Kebonsari, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo. UPZIS di sini menguatkan pelayanan umat pada empat pilar program, yakni pendidikan, kesehatan, ekonomi umat, dan kebencanaan.

 

Selain memberikan bantuan dan santunan kepada warga yang membutuhkan, UPZIS Kebonsari juga merealisasikan perannya di bidang kesehatan. Di antaranya dengan membeli satu unit mobil ambulans untuk melayani warga yang membutuhkan pelayanan kesehatan, seperti antar-jemput pasien, antarjemput jenazah, dan lainnya.

 

"Alhamdulillah, semenjak diluncurkan hingga saat ini, warga sangat senang dilayani ambulans LAZISNU Kebonsari yang siaga 24 jam untuk melayani umat," kata Ketua UPZIS LAZISNU Kebonsari Nur Salim kepada NU Online Jatim, Rabu (28/07/2021).

 

Ia menambahkan, dalam sehari ambulans LAZISNU Kebonsari bisa 2-3 kali mengantarkan pasien dalam kota, bahkan tidak jarang juga mengantarkan pasien atau jenazah ke luar kota dalam provinsi.

 

"Bahkan kami pernah dengan modal nekat mengantarkan pasien Covid-19 ke rumah sakit tanpa konfirmasi adanya kamar dulu, sehingga empat rumah sakit menolak kami karena IGD penuh dan  tidak ada kamar, dan akhirnya rumah sakit yang kelima baru bisa dapat layanan," ujar Salim.

 

Agar respons cepat, LAZISNU Kebonsari menyediakan layanan pendaftaran online melalui aplikasi WhatsApp. Warga yang membutuhkan cukup mendaftar dengan mengisi identitas pasien, status pasien, tanggal, waktu, dan lokasi penjemputan, nama pemesan, foto kopi pasien, dan petunjuk serta arsip administrasi petugas.

 

Editor: Nur Faishal


Metropolis Terbaru