• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 25 September 2022

Matraman

Banser di Pacitan Terus Berjibaku Tangani Covid-19

Banser di Pacitan Terus Berjibaku Tangani Covid-19
Banser Pacitan saat melakukan penyemprotan disinfektan di wilayahnya. (Foto: pacitanku.com).
Banser Pacitan saat melakukan penyemprotan disinfektan di wilayahnya. (Foto: pacitanku.com).

Pacitan, NU Online Jatim

Upaya untuk mengatasi pandemi Covid-19 terus dilakukan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) di Kabupaten Pacitan. Salah satunya dilakukan Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Banser Kecamatan/ Kabupaten Pacitan yang melakukan penyemprotan disinfektan di wilayahnya.

 

Kegiatan ini dilaksanakan atas kerja sama Satkoryon Banser Pacitan dan NU Care-Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Pacitan serta Komporsium Sego Berkat.

 

“Kami tidak tahu cara bagaimana yang paling tepat untuk mengatasi pandemi ini. Sedikit upaya yang bisa kami lakukan ini mungkin berhasil mungkin juga gagal, namun jika kita berhenti berusaha maka sudah pasti kita gagal,”kata Rizaldi Debbie Rahmadi, Kepala Unit (Kanit) Banser Tanggap Bencana (Bagana) Satkoryon Pacitan dilansir pacitanku.com, Jumat (30/07/2021).

 

Rizaldi menjelaskan, sejauh ini baru enam desa dan kelurahan yang sudah dilaksanakan penyemprotan. Mulai dari Semanten, Pucangsewu, Widoro, Ploso, Sidoarjo dan merambah ke Bangunsari.

 

Tidak akan berhenti di beberapa daerah tersebut, tetapi kegiatan serupa juga akan dilaksanakan di wilayah yang lain.

 

“Giat ini kembali digalakkan mengingat semakin bertambahnya korban akibat Covid-19. Sehingga Banser merasa harus bergerak semaksimal mungkin sesuai dengan apa yang bisa dilakukan,” ujarnya.

 

Menurut Rizaldi, pihaknya berkeyakinan bahwa menyerah pada virus bukan solusi. “Bergerak dan terus bergerak sesuai kemampuan seraya berdoa dengan keyakinan pandemi segera berakhir. Itulah yang kita bisa lakukan,” tandasnya.

 

Sementara Sifaul Jannan, Ketua Pengurus Cabang (PC) NU Care-LAZISNU Pacitan mengatakan, pihaknya sudah sejak lama bekerja sama dengan Banser di bidang kebencanaan.

 

 

“Jika para pemuda NU masih semangat untuk mengabdi pada bangsa ini. Kami yang tua ini tinggal mengamini. Kita bekerjasama sudah lama dan demi kemaslahatan umat, kerjasama ini akan kita lanjutkan,” katanya.

 

Kegiatan ini dilaksanakan oleh masing-masing Satkorkel Banser (setingkat Desa/Kelurahan) dengan 9 pengurus Satkoryon Banser sebagai koordinator pendamping.


Editor:

Matraman Terbaru