• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 8 Agustus 2022

Malang Raya

Kala Khofifah Bagi-bagi Bansos di Kampung Topeng

Kala Khofifah Bagi-bagi Bansos di Kampung Topeng
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Kampung Topeng, Kota Malang. (Foto: Humas Pemprov Jatim)
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Kampung Topeng, Kota Malang. (Foto: Humas Pemprov Jatim)

Malang, NU Online Jatim

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyapa dan memberikan secara langsung paket sembako kepada 33 Kepala Keluarga (KK) di Kampung Topeng di Dusun Baran,  Tlogowaru, Kecamatan Kedung Kandang, Kota Malang, Senin (26/07/2021). Bantuan itu diberikan untuk meringankan warga selama masa PPKM Level 4.

 

Turut mendampingi pada kesempatan tersebut, Wali Kota Malang Sutiaji, Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto, Danrem 083/Baladhika Jaya Kolonel Inf Irwan Subekti, dan Kepala Bakorwil III Malang Sjaichul Ghulam. Khofifah langsung memberikan paket sembako dari pintu ke pintu begitu sampai di Kampung Topeng.

 

"Kondisinya sekarang memang masyarakat banyak terdampak, jadi saya rasa dimana kita bisa bersapa kita maksimalkan. Pemberian bantuan ini bisa menjadi bantalan sosial bagi mereka. Kita saling berseiring dengan programnya pak Walikota dan program bansos dari pemerintah pusat, bersama kita saling memaksimalkan, mensubstitusi dan menguatkan," kata Khofifah.

 

Ketua Umum Muslimat NU itu bercerita, warga yang tinggal di Kampung Topeng dulunya hidup di  jalanan dan tinggal di kampung kumuh atau di emperan toko dan jembatan. Bahkan masuk dalam kategori nomaden. Kemudian mereka disiapkan tempat tinggal dan diberdayakan agar memperoleh kehidupan yang lebih baik.

 

"Mereka dulu kategori homeless society kemudian disiapkan tempat di sini. Saya rasa proses untuk bisa membangun psycosocial therapy ini bagus di tempat seperti ini," ujar Khofifah.

 

Khofifah mengaku sudah tiga kali berkunjung ke Kampung Topeng. Dan kohesivitas sosial di antara warganya nampak atas kerja keras membangun kampungnya menjadi daya tarik wisata yang berdampak positif bagi keberlangsungan hidup mereka.


Malang Raya Terbaru