• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 25 Mei 2022

Malang Raya

Luncurkan HSN 2021, NU Kota Batu Siapkan Aneka Kegiatan

Luncurkan HSN 2021, NU Kota Batu Siapkan Aneka Kegiatan
Launching Hari Santri Nasional 2021 di Kota Batu, Jumat (01/10/2021). (Foto: NOJ/ Yanwar Setiyo Putra)
Launching Hari Santri Nasional 2021 di Kota Batu, Jumat (01/10/2021). (Foto: NOJ/ Yanwar Setiyo Putra)

Batu, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Batu menggelar launching dan tasyakuran peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021 pada Jum'at (01/10/2021). Acara tersebut digelar di aula klinik PCNU Kota Batu.

 

Ketua pelaksana HSN 2021, Agus Harianto menjelaskan beberapa agenda yang akan dilakukan oleh PCNU Kota Batu.

 

"Alhamdulillah peringatan HSN kali ini kami bisa menyiapkan banyak kegiatan, status Pemberlakuan Pembatasan Masyarakat (PPKM) di Kota Batu yang sudah turun juga menjadi kabar gembira untuk pelaksanaan kegiatan," papar Agus.

 

Agenda HSN 2021 akan dilaksanakan selama satu bulan penuh. "Rangkaiannya dimulai dari launching hari ini, dan acara puncaknya nanti adalah dialog kebangsaan tanggal 30 Oktober 2021," tambahnya.

 

Untuk lebih rinci, agenda kegiatan HSN PCNU Kota Batu di antaranya adalah Gebyar Panji-panji Hari Santri mulai tanggal 07 hingga 30 Oktober 2021, Musabaqoh Qiroatil Kutub dan Musabaqoh Tartil Qur'an pada 16 Oktober 2021.

 

Kemudian ada Lomba Pencak Silat Santri Cup 1 pada tanggal 17 Oktober 2021, Lomba Menghafal Biografi Sang Kiai pada 20 Oktober 2021, Apel Hari Santri pada 22 Oktober 2021 dan Dialog Kebangsaan pada tanggal 30 Oktober 2021.

 

Sementara itu, Ketua Tanfidziyah PCNU Kota, H A Budiono Batu menjelaskan tujuan diadakannya peringatan HSN 2021.

 

"Kegiatan ini merupakan bentuk syukur warga NU atas pengakuan bangsa dan negara terhadap perjuangan para Santri dan Kiai," ungkapnya.

 

Tanggal 22 Oktober yang ditetapkan sebagai hari santri sendiri merupakan pengakuan terhadap Resolusi Jihad yang dikeluarkan oleh Hadratussyekh KH Hasyim Asy'ari.

 

Selain itu dalam kesempatan ini akan dikuatkan pula peranan Santri dalam menjawab tantangan perubahan zaman yang semakin cepat.

 

"Santri ini punya peranan penting, khususnya dalam menghadapi tantangan zaman saat ini. Untuk itu dalam acara puncak atau dialog kebangsaan nanti kami menyiapkan narasumber yang berpengalaman dan bisa memberikan pemantik semangat kepada para santri dan warga NU pada umumnya," lanjutnya.

 

 

Acara launching peringatan HSN 2021 ini turut dihadiri pengurus PCNU, Rais Syuriah PCNU, Kabag Kesra Kota Batu, perwakilan Kemenag, Badan Otonom NU dan juga Lembaga NU Kota Batu.

 

Penulis: Yanwar Setiyo Putra


Editor:

Malang Raya Terbaru