• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 27 Juni 2022

Malang Raya

Sekolah di Batu Peringati Muharram dengan Santuni Puluhan Yatim

Sekolah di Batu Peringati Muharram dengan Santuni Puluhan Yatim
Peringatan tahun baru Islam di SMP Ahmad Yani, Batu. (Foto: NOJ/Yanwar Setiyo Putra)
Peringatan tahun baru Islam di SMP Ahmad Yani, Batu. (Foto: NOJ/Yanwar Setiyo Putra)

Batu, NU Online Jatim
Peringatan tahun baru Islam yang jatuh pada bulan Muharram merupakan sarana untuk mengingat kembali perjalanan hijrah Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah. Kendati masih diterapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM, namun tidak mengurangi semangat warga untuk menggelar kegiatan.

 

Seperti yang dilaukan sekolah ini. Kendati sederhana, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Ahmad Yani, Batu memperingati tahun baru Islam dengan khidmat, Selasa (10/08/2021). Sehari sebelumnya diadakan pembacaan istighotsah bersama secara virtual.

 

“Tahun baru harus membuat kita menjadi lebih baik lagi. Dan mudah-mudahan kita akan segera bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka lagi,” kata Takim, Kepala SMP Ahmad Yani Batu saat sambutan.

 

Lebih lanjut dikemukakan agar semua pihak tetap memperhatikan protokol kesehatan atau prokes. Hal tersebut sehubungan dengan adanya penyebaran Covid-19 yang hingga saat ini masih belum berakhir. 

 

Pada kesempatan tersebut digelar syukuran dengan menyerahkan nasi tumpeng yang bertujuan agar SMP Ahmad Yani selalu mendapat keberkahan dari Allah SWT. Tumpeng ini diberikan kepada semua yang hadir.

 

Kegiatan juga diawali dengan khataman Al-Qur’an di mushala dan diikuti pengajar beserta karyawan sekolah setempat. Acara dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada 25 anak yatim dan dluafa. Hal itu sudah merupakan agenda tetap sekolah. Sementara peserta didik yang lain mengaji di rumah.

 

Penulis: Yanwar Setiyo Putra
Editor: Syaifullah
 


Editor:

Malang Raya Terbaru