• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 25 September 2022

Parlemen

Inilah Saran Gus Ami Sambut Datangnya Bulan Muharram

Inilah Saran Gus Ami Sambut Datangnya Bulan Muharram
Abdul Muhaimin Iskandar, Ketua DPP PKB. (Foto: NOJ/jp)
Abdul Muhaimin Iskandar, Ketua DPP PKB. (Foto: NOJ/jp)

Surabaya, NU Online Jatim

Tahun Baru Hijriah yang jatuh pada hari ini, Selasa (10/08/2021) memberikan semangat baru bagi kaum muslimin. Apalagi di tengah pandemi ini, banyak harapan pada tahun 1443 ini penyebaran Covid-19 dapat dikendalikan. 

 

Nasihat datangnya tahun baru Hijriah ini silih berganti diucapkan berbagai tokoh masyarakat. Tak terkecuali Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar.

 

Ia menyarankan agar umat muslim selepas shalat Maghrib pada 9 Muharram atau Rabu malam 18 Agustus, dengan membaca Hasbunnaallah wa ni'mal wakil sebanyak 70 kali.

 

Demikian disampaikan Gus Ami sapaan akrabnya, di akun Instagram pribadinya @cakiminow pada Senin (09/08/2021).

 

Wakil Ketua DPR RI tersebut juga mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1443 Hijriyah. 

 

"Selamat tahun baru Hijriyah," tulis Gus Ami singkat.

 

Sejumlah pesan pun disampaikan Gus Ami, di antaranya ia menyarankan mulai dari pada Senin (09/08/2021) untuk melaksanakan puasa akhir tahun Hijriyah (30 Dzulhijjah).

 

Kemudian, usai shalat Ashar membaca doa akhir tahun dan usai shalat Maghrib membaca doa awal tahun.

 

Selanjutnya pada Selasa 10 Agustus 2021, Ketua Umum DPP PKB tersebut juga menulis puasa awal tahun Hijriyah 1 Muharram. Kemudian pada 18 Agustus 2021 puasa Tasyu'a pada 9 Muharram. Pada Kamis 19 Agustus 2021 puasa Asyura 10 Muharram.

 

Ia juga menulis memperluas belanja keluarga, makan yang enak serta memberikan santunan anak yatim, kaum dluafa, janda, dan fakir miskin.


Parlemen Terbaru