• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 5 Desember 2022

Kediri Raya

Tahun Baru Islam, Rektor Unisma: Mari Teladani Hijrahnya Rasul

Tahun Baru Islam, Rektor Unisma: Mari Teladani Hijrahnya Rasul
Rektor Unisma Maskuri dalam acara malam 1 Muharram 1443 Hijriyah secara virtual. (Foto: NOJ/PH)
Rektor Unisma Maskuri dalam acara malam 1 Muharram 1443 Hijriyah secara virtual. (Foto: NOJ/PH)

Tulungagung, NU Online Jatim

Rektor Universitas Islam Malang (Unisma), Maskuri, mengatakan bahwa momentum tahun baru Islam, 1443 Hijriyah, yang jatuh pada Senin (09/08/2021) harus dijadikan semangat untuk meneladani hijrahnya Rasulullah.

 

Hal itu disampaikan Maskuri dalam acara Istighosah dan Doa Tolak Bala yang diadakan secara virtual oleh Unisma bersama para masyayikh pada Senin. Kata dia, bulan Muharram adalah bulan yang penuh berbagai macam peristiwa dan nikmat yang Allah diberikan pada hambanya.

 

Ia menjelaskan, peristiwa hijrah yang terjadi pada bulan Muharram merupakan peristiwa yang sangat monumental. Pada peristiwa tersebut, Nabi Muhammad SAW hijrah dari Makkah ke Madinah. Peristiwa tersebut menurutnya memiliki nilai historis, sosiologis, dan teologis.

 

Maskuri menuturkan, peristiwa hijrah menjadi pelajaran bagi seluruh umat manusia, karena pada peristiwa tersebut Rasulullah ingin mengubah sebuah budaya dan peradaban yang mengarah pada peningkatan martabat manusia. Dari spirit hijrah, sejatinya manusia harus mampu berkontribusi untuk manusia yang lain.

 

"Satu Muharam kita jadikan momentum untuk mengubah satu tatanan kehidupan, untuk meningkatkan kemajuan bangsa dan negara ini, dan untuk memperluas jaringan pengembangan pendidikan, ekonomi dan budaya, dengan konteks pengembangan nilai-nilai kemanusiaan," kata Maskuri.

 

Editor: Nur Faishal


Kediri Raya Terbaru