• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 27 November 2022

Pendidikan

Menwa Unisma Gelar Lomba Cerdas Cermat Wawasan Kebangsaan Tingkat Nasional

Menwa Unisma Gelar Lomba Cerdas Cermat Wawasan Kebangsaan Tingkat Nasional
Lomba Cerdas Cermat Wawasan Kebangsaan Tingkat Nasional Menwa Unisma. (Foto: NOJ/humas)
Lomba Cerdas Cermat Wawasan Kebangsaan Tingkat Nasional Menwa Unisma. (Foto: NOJ/humas)

Malang, NU Online Jatim

Lomba Cerdas Cermat Wawasan Kebangsaan Online (CCWO) tingkat nasional ke-II yang digelar oleh Resimen Mahasiswa (Menwa) 836/MP Universitas Islam Malang (Unisma) telah sukses dilaksanakan. Lomba yang bertema ‘Wawasan Kebangsaan Nasionalisme Indonesia, Keberagaman Budaya dan Pancasila UUD 1945’ ini bertujuan untuk selalu mengingatkan kepada pemuda khususnya para mahasiswa untuk senantiasa menjunjung tinggi nilai wawasan kebangsaan dan bela negara Indonesia. Karena di zaman yang modern seperti saat ini banyak sekali pemuda yang kurang sadar akan bela negara dan wawasan nasional kebangsaan.

 

Untuk tahun ini peserta ditingkatkan lagi menjadi tingkat mahasiswa se-Indonesia. Para peserta sangat antusias untuk mengikuti lomba ini dilihat dari peserta yang mendaftar dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Mulai dari perwakilan pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, NTT, Jawa dan sekitarnya.

 

Dalam sambutannya Noorhuda Muchsin, Juri Pengawas 1 memberikan apresiasinya atas gelaran lomba ini.

 

"Lomba ini sangat bagus sekali, di mana di situasi pandemi seperti ini masih ada yang peduli terhadap wawasan kebangsaan, para peserta juga sudah sangat antusias sekali untuk mengikuti lomba ini. Hanya saja kalau bisa untuk soal bisa lebih di update lagi dan tidak melulu tentang sejarah melainkan juga mengangkat persoalan situasi kondisi bangsa saat ini,” katanya.

 

Kapten Kav Sumaryono, Juri Pengawas 2 menambahkan bahwa dalam hal bela negara, tidak selamanya harus dengan membawa senjata kemudian pergi ke medan tempur.

 

“Tetapi ada cara lain, terutama untuk mahasiswa yaitu salah satunya dengan mengikuti kegiatan-kegiatan yang bisa menumbuhkan rasa semangat nasionalisme seperti pada lomba wawasan kebangsaan seperti ini,” tambahnya.

 

Dirinya berharap, kegiatan semacam ini dapat digelar secara berkala dengan konsep yang lebih menarik.

 

“Harapannya lomba ini bisa dilaksanakan satu tahun sekali dengan format dan konsep yang lebih menarik dan lagi,” harapnya.

 

Hasil dari lomba ini pada Juara 1 dimenangkan oleh Himatul Aliyah dari Politeknik Kesehatan (Poltekes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Jakarta 3. Juara 2 dimenangkan oleh Dhea Rahmallia Henidar dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Dan Juara 3 diraih oleh Primaresty Millenda Susanto Dari Universitas Brawijaya. Para juara juga berharap untuk lomba seperti ini bisa dilaksanakan lagi di tahun mendatang dan lomba seperti ini sangat lah menantang, dimana biasanya cerdas cermat dilaksanakan secara langsung, namun kali ini dilaksanakan secara virtual.


Pendidikan Terbaru