• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 4 Desember 2022

Pendidikan

Mahasiswa FMIPA Unisma Teliti Tanaman Bidara sebagai Antioksidan Kompleks

Mahasiswa FMIPA Unisma Teliti Tanaman Bidara sebagai Antioksidan Kompleks
Penelitian tanaman bidara. (Foto: NOJ/humas)
Penelitian tanaman bidara. (Foto: NOJ/humas)

Malang, NU Online Jatim

Pandemi Covid-19 tidak mematahkan semangat mahasiswa Universitas Islam Malang (Unisma) untuk meneliti. Sebagai salah satu tridharma perguruan tinggi, Gatra Ervi Jayanti dan Tintrim Rahayu, dosen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) lolos seleksi memperoleh dana Hibah Institusi Universitas Islam Malang (HI-ma) tahun 2021. Pemilihan tanaman bidara karena mempunyai banyak manfaat yaitu untuk kesehatan dan disebutkan dalam Al-Qur’an. Semua bagian tumbuhan bidara mempunyai manfaat, salah satu manfaat tanaman bidara adalah sebagai antioksidan.

 

“Penelitian tentang tanaman bidara (Ziziphus mauritiana) ini dikemas dengan tema nanoteknologi. Nanoteknologi saat ini sangatlah berkembang, dengan ukuran yang super kecil, antioksidan alami dari tanaman bidara akan lebih efektif digunakan. Sehingga dapat meluruhkan radikal bebas berlebih yang merupakan sumber penyakit,” kata Gatra, Jumat (06/08/2021).

 

Tanaman bidara ini tidak diekstrak tetapi semua bagiannya digunakan. Pemanfaatan tanaman bidara tanpa ekstrak ini sengaja dibuat Gatra dan Tintrim untuk mendapatkan senyawa kompleks. Penelitian ini juga melibatkan mahasiswa S1 untuk Tugas akhir dan melibatkan staf laboran. Dengan didukung peralatan canggih seperti freeze dryer, spektrofotometer dan lain sebagainya. Penelitian ini juga dilakukan dengan analisis in silico atau permodelan komputer.

 

Gatra mengungkapkan, ke depan dirinya dan tim akan melakukan penelitian lanjutan untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak dari tanaman bidara.

 

“Penelitian lanjutan tanaman bidara akan terus dilakukan untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih luas dan manfaatnya. Penelitian lanjutan lain dari tanaman yang disebutkan di Al-Qur’an juga diteliti, seperti Zaitun (Olea europaea) dan Tin (Ficus carica), yang tersedia di taman Al-Qur’an Unisma. Kami berharap penelitian ini dapat bermanfaat bagi civitas akademika Unisma, dan meningkatkan semangat untuk terus melakukan penelitian serta publikasi hasil penelitian,” pungkasnya.


Pendidikan Terbaru