• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 29 September 2022

Matraman

Begini Cara Fatayat NU Madiun Meriahkan Muharram dan HUT RI

Begini Cara Fatayat NU Madiun Meriahkan Muharram dan HUT RI
Fatayat NU Mengaji dalam rangka peringatan Muharram dan HUT ke-77 RI yang diadakan PC Fatayat NU Kabupaten Madiun, Ahad (07/08/2022). (Foto: NOJ/ Mirna Nur Asyiah)
Fatayat NU Mengaji dalam rangka peringatan Muharram dan HUT ke-77 RI yang diadakan PC Fatayat NU Kabupaten Madiun, Ahad (07/08/2022). (Foto: NOJ/ Mirna Nur Asyiah)

Madiun, NU Online Jatim

Fatayat NU Mengaji merupakan kegiatan rutin Forum Daiyah Fatayat NU (Fordaf) Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Kabupaten Madiun. Kegiatan ini biasa diselenggarakan setiap Ahad pertama tiap bulan bertempat di gedung NU Center Kelurahan Munggut Kecamatan Wungu.


Kali ini, kegiatan yang diikuti Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU se Kabupaten Madiun ini dilaksanakan pada Ahad (07/08/2022). Pada kesempatan ini kegiatan dikemas berbeda.


Fatayat NU Mengaji diawali dengan mengkhatamkan Al-Qur’an 30 juz, pemberian beasiswa yatim dan mauidhah hasanah. Hal ini karena sekaligus guna memperingati Muharram 1444 Hijriyah dan HUT ke-77 Republik Indonesia (RI) . 


"Apresiasi kepada sahabat-sahabat Fordaf yang rutin melaksanakan kegiatan Fatayat NU Mengaji. Terlebih pada hari ini sekaligus memperingati Muharam 1444 H dan HUT RI ke-77," kata Ummu Habibah Ketua PC Fatayat NU Kabupaten Madiun.


Ummu menjelaskan, bulan Muharam dan kemerdekaan RI merupakan dua peristiwa yang pantas diperingati dan disyukuri. Keduanya merupakan awal tatanan kehidupan sosial masyarakat.


Muharam adalah hijrahnya Rasulullah dari Makkah ke Madinah. Sedangkan kemerdekaan RI adalah terbebasnya masyarakat Indonesia dari penjajahan.


Sementara itu, Indah Bilqis Rasyidah dalam Mauidhoh Hasanah mengajak anggota Fatayat NU untuk mengisi kemerdekaan RI dengan berperan di ranah publik sesuai dengan kemampuannya.


"Sedikitnya 5 modal yang harus dimiliki oleh sahabat-sahabat Fatayat NU dalam berkhidmat di ranah publik. Pemahamam ilmu agama yang baik, filosofi hidup yang kuat, memiliki etika dalam pergaulan, memahami seninya hidup dan mampu membangun komunikasi yang harmonis," ujar Indah.


Dalam kegiatan ini, Ummu menyerahkan bantuan beasiswa kepada anak-anak yatim berupa bantuan ianah syahriah atau iuran bulanan yang diberikan langsung kepada lembaga-lembaga pendidikan.


Editor:

Matraman Terbaru