• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 26 November 2022

Metropolis

Kirab 1 Muharram, Cara Ajak Siswa Madrasah di Sidoarjo Sambut Tahun Baru Islam

Kirab 1 Muharram, Cara Ajak Siswa Madrasah di Sidoarjo Sambut Tahun Baru Islam
Kirab 1 Muharram yang diadakan MI Miftahul Ulum Balongmacekan, Kecamatan Tarik, Kabupaten Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)
Kirab 1 Muharram yang diadakan MI Miftahul Ulum Balongmacekan, Kecamatan Tarik, Kabupaten Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Quoetes atau kutipan dan poster tokoh Nahdlatul Ulama (NU) mewarnai aksesoris kirab tahun baru Islam 1444 Hijriyah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Ulum Balongmacekan, Kecamatan Tarik, Kabupaten Sidoarjo, Jumat (29/07/2022) pagi.


Para tokoh yang diambil kutipannya di antaranya KH Miftahul Akhyar, KH Bahauddin Nursalim atau Gus Baha, KH Agoes Ali Masyhuri hingga KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).


Kepala MI Miftahul Uum Hj Luluk Sriwijayati mengaku, ragam kreasi yang ditampilkan hasil kreatifitas dari siswa, wali wali kelas dan orang tua.


“Ini ada juga yang temanya wali songo memakai baju ala wali songo dan menyanyikan syi’ir-syi’irnya. Ada yang tema haji dengan berpenampilan orang Arab membawa miniatur ka’bah mengelilingi Desa Balongmacekan,” katanya.


Luluk mengatakan, lembaganya tidak melewatkan momen hari besar Islam atau nasional tanpa suatu kegiatan. Dengan adanya kegiatan seperti yang dilakukan saat ini siswa akan ceria dan tidak bosan. Selain itu bisa menumbuhkan kreatifitas siswa untuk saling kerja sama.


Ia pun berharap spirit  hijrah 1 Muharram dapat ditangkap oleh para siswa untuk lebih giat belajar.


“Satu Muharram adalah momen untuk mengawali melakukan segala hal dengan baik. Ini yang terpenting dan yang perlu ditekankan bagi siapa saja. Jangan sampai tahun baru Islam diperingati saja tanpa mengambil hikmah,” ucapnya.


Sementara  Moh Nadhif selaku ketua panitia mengatakan, kegiatan ini dipersiapkan hanya dalam waktu kurang dari seminggu. Meskipun begitu, dirinya merasa puas karena semua siswa dipandu dengan baik oleh wali kelas dan didukung wali murid.


“Alhamdullah semua siswa menyambut tahun baru Islam dengan senang. Tadi setelah kirab kita juga melaksanakan istighotsah kemudian ditutup dengan doa akhir tahun lalu makan bersama,” terangnya.


Disebutkan bahwasanya di momen HUT RI mendatang, MI Miftahul Ulum Balongmacekan Tarik, Sidoarjo kembali akan mengadakan kirab. Namun yang membedakan adalah nantinya siswa akan kirab dengan membawa bendera sepanjang dua ratus meter.  


Editor:

Metropolis Terbaru