• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 Agustus 2022

Matraman

Gandeng Kiai, Polres Ponorogo Rutin Kajian Kitab Kuning

Gandeng Kiai, Polres Ponorogo Rutin Kajian Kitab Kuning
Kiai Ahmad Syafi'i, Wakil Rais Syuriyah NU Ponorogo usai mengisi kajian kitab kuning di Polres setempat. (Foto: NOJ/Husnul Khotimah)
Kiai Ahmad Syafi'i, Wakil Rais Syuriyah NU Ponorogo usai mengisi kajian kitab kuning di Polres setempat. (Foto: NOJ/Husnul Khotimah)

Ponorogo,  NU Online Jatim

Progam Bimbingan Rohani dan Mental (Binrotal) oleh Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Ponorogo dengan kegiatan kajian kitab kuning rutin seminggu sekali kembali digelar. Kajian yang dilaksanakan setiap hari Kami situ menggandeng para kiai yang pakar di bidang itu.  

 

Kegiatan ini sebetulnya sudah dilaksanakan sejak beberapa bulan lalu namun terhenti karena jumlah kasus Covid-19 di Ponorogo sempat tinggi. Setelah mereda dan Covid-19 bisa dikendalikan, kajian dimulai lagi mulai Oktober ini.

 

"Pentingnya pemahaman agama melalui sanad dan keilmuan yang jelas,  maka kami mempercayakan kepada tokoh kiai untuk membimbing anggota Polres Ponorogo dalam kajian kitab ini, "ungkap Bahrun Nasikhin selaku Kabag SDM Polres Ponorogo, Jumat (15/10).

 

Rangkaian acara ini diawali dengan rutinan shalawat pagi dilanjut dengan doa khatmil Qur'an. Acara diikuti oleh seluruh anggota Polres Ponorogo. Kajian kitab diisi oleh Kiai Ahmad Syafi'i, Wakil Rais PCNU Ponorogo, yang mengkaji kitab Riyadhus Shalihin. Pada pertemuan ini, Kiai Syafi’i menyampaikan materi tentang Dosa dan Institusi Pertaubatan.

 

Ada pun kitab lain yang dikaji dan dilaksanakan bergantian tiap minggunya,  di antaranya, Kitab Fathul Qarib yang diisi oleh Gus Muh Asvin Abdur Rahman selaku Pengasuh Pesantren Darur Ridlo Sawuh, Kecamatan Siman,  dan kajian tematik yang diisi oleh Kiai Moh Nur Sholihin selaku Ketua Lembaga Dakwah PCNU Ponorogo.

 

Bahrun mengaku sangat senang dengan penyampaian dari para kiai dan mengucapkan terima kasih telah membimbing anggota Polres Ponorogo dengan bekal agama dengan referensi yang jelas sanadnya. Pemahaman agama ini menurutnya sangat penting bagi anggota polres dalam rangka meningkatkan rohani dan mental anggota yang nantinya akan mendukung saat menjalankan tugas.


Matraman Terbaru