• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 29 Mei 2022

Matraman

IPNU-IPPNU di Trenggalek Selaraskan Administrasi hingga Ranting

IPNU-IPPNU di Trenggalek Selaraskan Administrasi hingga Ranting
Diklat administrasi IPNU-IPPNU Panggul, Kabupaten Trenggalek. (Foto: Anisa Apriliyani)
Diklat administrasi IPNU-IPPNU Panggul, Kabupaten Trenggalek. (Foto: Anisa Apriliyani)

Trenggalek, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek, mengadakan pendidikan dan pelatihan (Diklat) administrasi  di MI Miftakhul Huda Desa Kertosono, Kecamatan Panggul, Trenggalek, Ahad (27/06/2021).

 

Kegiatan ini digelar untuk menyelaraskan sistem administrasi di tingkat Pimpinan Ranting (PR) maupun Pimpinan Komisariat (PK) IPNU IPPNU di Kecamatan  Panggul. Acara ini diikuti oleh 28 peserta dari seluruh sekretaris Pimpinan Ranting (PR) dan Pimpinan Komisariat (PK) se-Kecamatan Panggul.

 

Dalam Diklat ini, peserta diajarkan bagaimana membuat surat menyurat yang benar, cara membuat proposal, Term Of Reference (TOR), Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ), serta Berkas Permohonan SP sesuai dengan ketentuan organisasi yang berlaku.

 

Pembina PAC IPNU Kecamatan Panggul Yusril Ridwan Abdul Malik mengatakan, administrasi bisa dikatakan sebagai raga dari sebuah organisasi. Sehat atau tidaknya organisasi dapat dilihat dari sistem administrasinya.

 

Ketua PAC IPNU Panggul Muhammad Ali Muchtarom mengatakan, diklat ini digelar dalam rangka meningkatkan kemampuan administrasi dari setiap anggota serta menyehatkan organisasi melalui pembenahan sistem administrasi.

 

"Saat ini kita belajar menyelaraskan sistem administrasi IPNU IPPNU di Kecamatan Panggul agar administrasi di setiap Pimpinan Ranting maupun Pimpinan Komisariat itu sama dan selaras,” ujarnya.

 

"Menjalankan sebuah organisasi itu tidak hanya sekedar melakukan kegiatan, di sini kita belajar dalam segala hal, termasuk meningkatkan kemampuan dan memperdalam ilmu administrasi melalui diklat ini," tambah Ali.

 

Lebih lanjut Ali juga mengatakan pentingnya menyesuaikan cara berorganisasi dengan zaman serba digital seperti sekarang ini. Salah satu langkahnya yaitu melalui diklat administrasi, agar setiap ranting dan komisariat tidak ketinggalan dengan teknologi yang semakin maju.

 

Penulis: Anisa Apriliyani

Editor: Nur Faishal


Matraman Terbaru