• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Matraman

Keren, Kader IPPNU Ponorogo Juara Duta Genre Jatim

Keren, Kader IPPNU Ponorogo Juara Duta Genre Jatim
Kader IPPNU Ponorogo, Cindy Ulul Azmi Munir, terpilih jadi Duta Genre Jawa Timur. (Foto: NOJ/Husnul Khotimah).
Kader IPPNU Ponorogo, Cindy Ulul Azmi Munir, terpilih jadi Duta Genre Jawa Timur. (Foto: NOJ/Husnul Khotimah).

Ponorogo, NU Online Jatim

Kader Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Ponorogo, Cindy Ulul Azmi Munir, berhasil ditetapkan sebagai Duta Genre Jawa Timur. Cindy merupakan anggota Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Pelita, yakni lembaga di bawah naungan Pimpinan Cabang (PC) IPNU-IPPNU Ponorogo.

 

Torehan manis ini diperoleh setelah ia menyabet juara 1 pada Grand Final Apresiasi Duta Generasi Berencana (Genre) putra dan putri  2021 yang diselenggarakan oleh Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur, Jum’at (16/07/21) secara virtual. Pengumuman dibacakan langsung oleh Arumi Bachsin, Ketua Tim Juri sekaligus Bunda Genre Jawa Timur.

 

Dara kelahiran 4 Juni 2002 ini menceritakan, bahwa ajang bergengsi ini diikuti sebanyak 65 peserta dari 30 Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Terdapat beberapa babak yang dilangsungkan, di antaranya pemberkasan, tes tulis, dan presentasi.  Tahap akhir ialah Grand Final yang menyisakan tiga pasang peserta putra dan putri, yang diharuskan menjawab pertanyaan dari juri.

 

Dalam ajang ini, gadis asal Desa Japan, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo ini mengangkat kasus tentang kesehatan mental remaja, yakni pada sikap bullying yang biasa terjadi di sekitarnya.

 

Sejumlah program ia paparkan untuk mengapresiasi pentingnya kesehatan mental bagi remaja. Pertama, Sebaya Hebat Tersahabat (Sebat), di mana teman sebaya cukup berperan dalam mengingatkan pentingnya kesehatan mental dan saling motivasi satu sama lain.

 

Kedua, program Genre peduli lanjut usia (lansia), yakni kegiatan berinteraksi langsung dengan lansia untuk menambah kepekaan, kesabaran, dan perencanaan masa depan.

 

“Sedang ketiga ialah program edukasi akan pentingnya mencintai diri sendiri melalui akun instagram @selflovetreatment.id,” ujarnya kepada NU Online Jatim, Sabtu (17/07/2021).

 

Cindy pun merasa senang dan bersyukur atas capaian ini. Dalam kompetisi ini, dirinya mengaku selalu bersemangat mengikuti semua tahapannya. Selain itu juga disiplin waktu dan tentu juga diimbangi dengan doa.

 

“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur diberi kesempatan meraih prestasi ini. Tentu, rasa syukur ini harus diimbangi dengan tugas yang harus diemban nantinya,” ungkap mahasiswi Jurusan Teknik Geomatika, Institut Teknologi Sepuluh November ini.

 

Dirinya menuturkan, setelah ini ia mengaku akan banyak berkontribusi untuk menebarkan ‘virus’ Genre di tengah-tengah masyarakat, utamanya kepada remaja. Tentu, hal ini menurutnya untuk membangun karakter remaja Indonesia lebih baik lagi.

 

“Saya akan berupaya untuk semakin berkontribusi demi membangun karakter remaja Indonesia agar lebih baik lagi dalam menyongsong Indonesia emas,” pungkasnya.

 

 

Capaian yang diraih Cindy ini diapresiasi oleh Ketua PC IPPNU Ponorogo, Siti Muniffatul Fauziyah. Ia mengaku bangga dengan torehan ini karena telah mengharumkan nama baik Kabupaten Ponorogo dan PIK-R Pelita PC IPNU-IPPNU Ponorogo

 

“Selamat kepada Cindy yang telah terpillih menjadi Duta Genre Jawa Timur. Semoga mampu mengemban amanah dengan baik,” pungkasnya.

 

Editor: A Habiburrahman


Matraman Terbaru