• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 31 Januari 2023

Matraman

Khitan Gratis, Cara Basada Ponorogo Bantu Warga saat Pandemi

Khitan Gratis, Cara Basada Ponorogo Bantu Warga saat Pandemi
Penyerahan bingkisan kepada peserta khitan oleh Basada Ponorogo. (Foto: NOJ/HK)
Penyerahan bingkisan kepada peserta khitan oleh Basada Ponorogo. (Foto: NOJ/HK)

Ponorogo, NU Online Jatim

Pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir berakibat pada lumpuhnya roda perekonomian masyarakat. Keterbatasan penghasilan selama pandemi, berakibat pada tidak tercapainya beberapa kewajiban dalam lingkup keluarga, seperti keharusan anak laki-laki untuk dikhitan.

 

Atas dasar hal ini, Barisan Ansor Serbaguna Husada (Basada) Ponorogo berinisiatif untuk menggelar khitan gratis. Hal ini berdasarkan tugasnya untuk membantu masyarakat utamanya yang berkaitan dengan medis dan kesehatan.

 

Kepala Satuan Khusus Basada Ponorogo, Aziz Setiawan menuturkan, bahwa kegiatan ini bekerja sama dengan Rumah Sakit Muslimat NU Ponorogo ini akan dilakukan anjangsana se-Kecamatan Ponorogo. Tercatat, Sabtu (10/07/2021) khitan gratis akan digelar di Kecamatan Sawoo, sedangkan di Kecamatan Bungkal dilaksanakan pada Ahad (11/07/2021).

 

“Untuk mensukseskan acara ini, kami juga bekerja sama dengan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor di kecamatan tempat dilakukannya acara,” ungkap Aziz.

 

Menurut Aziz, sasaran peserta khitan diberlakukan untuk anak-anak dari keluarga kurang mampu. Jumlah peserta berjumlah 16 orang dari Kecamatan Sawoo, dan 20 orang dari Kecamatan Bungkal.

 

“Untuk khitan gratis selanjutnya, akan diinformasikan lebih lanjut setelah berakhirnya PPKM Darurat,” pungkasnya.

 

Sementara itu, salah satu orang tua peserta khitan, Saiman mengaku berterima kasih atas upaya yang dilakukan Basada Ponorogo. Program tersebut diakui sangat membantu keluarganya.

 

“Alhamdulillah, saya mengucapkan terima kasih kepada pihak Basada Ponorogo dan RS Muslimat NU yang telah menyelenggarakan kegiatan ini,” tutur Saiman.

 

Editor: A Habiburrahman


Matraman Terbaru