• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 4 Oktober 2022

Matraman

Kolaborasi LAZISNU dan LKNU Nganjuk Gelar Khitan Massal

Kolaborasi LAZISNU dan LKNU Nganjuk Gelar Khitan Massal
Kegiatan khitanan massal LAZISNU Nganjuk dan LKNU. (Foto: NOJ/Rofi'i)
Kegiatan khitanan massal LAZISNU Nganjuk dan LKNU. (Foto: NOJ/Rofi'i)

Nganjuk, NU Online Jatim

Sebanyak 22 anak mengikuti khitan massal yang dilaksanakan Pengurus Cabang NU CARE–Lembaga Amil, Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Nganjuk, Sabtu 25/10/2020. Kegiatan tersebut juga sebagai peringatan Hari Santri 2020 dan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW.


Anak-anak tersebut terlihat sangat antusias untuk mengikuti khitanan massal ini yang dilaksanakan di Kantor PCNU Kabupaten Nganjuki tersebut. Selain dikhitan, anak-anak tersebut juga mendapatkan bingkisan berupa sarung, songkok, baju dan lainnya.


Menurut Direktur NU CARE – LAZISNU Nganjuk, H Subhan Aburizal khitanan massal ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Santri 2020. Khitan ini diperuntukkan untuk anak-anak yatim dan dhuafa yang ada di Kabupaten Nganjuk.


"Rangkaiannya sangat panjang, pada Jumat malam diselenggarakan tasyakuran dan pengajian umum yang diisi oleh Gus Muwafiq, dan Sabtu 25/10/2020 dilanjutkan dengan khitanan massal," tuturnya.


Ia menambahkan, kegiatan ini cukup istimewa, menunjukkan kesolidan antar lembaga yang dimiliki NU. LAZISNU sebagai lembaga yang menginisiasi kegiatan, menggandeng Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) untuk mendukung dalam hal tenaga medis. Sinergi ini, harus terus terjalin di kemudian hari.  


"Kami berterima kasih kepada LKNU Nganjuk atas bantuannya dalam kegiatan ini. Harapannya para tim medis LKNU Nganjuk sehat selalu,” imbuhnya.


Subhan Aburizal berharap agar kegiatan ini tidak hanya berhenti kali ini saja, mengingat masih banyak anak yatim dan dhuafa yang tentu mengharapkan kontribusi LAZISNU. 


“Semoga acara ini istiqomah dan ke depan pesertanya makin banyak,” harapnya. 


Salah satu pendamping peserta dari UPZIS NU Kecamatan Ngluyu, memaparkan alasan dirinya mengikutkan anak yatim di wilayahnya pada kegiatan khitan massal LAZISNU.

 

“Dalam hal menjalankan syariat Islam, NU tidak perlu diragukan lagi. Termasuk peran LAZISNU sebagai lembaga milik NU. Apalagi khitan massal ini didukung oleh tim medis yang profesional dari LKNU," ucapnya.


Turut hadir dalam acara tersebut, Pengurus Cabang NU Nganjuk, KH Abdul Wachid Badrus, H Hasyim Affandi, Ketua NU CARE-LAZISNU Nganjuk H Subhan, LKNU Nganjuk H. Kholis Dahlan dan Tim, serta pendamping peserta khitan dari masing-masing UPZIS NU se-Kabupaten Nganjuk.

 

 

Kontributor: Hafidz Yusuf

​​​​​​​Editor: Risma Savhira


Matraman Terbaru