• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 22 Mei 2022

Matraman

NUsantara Mart Milik NU Kampak Trenggalek Bagikan SHU

NUsantara Mart Milik NU Kampak Trenggalek Bagikan SHU
Warga membeli bahan kebutuhan rumah tangga di NUsantara Mart Kampang, Kabupaten Trenggalek. (Foto: NOJ/MK)
Warga membeli bahan kebutuhan rumah tangga di NUsantara Mart Kampang, Kabupaten Trenggalek. (Foto: NOJ/MK)

Trenggalek, NU Online Jatim

NUsantara Mart, waralaba yang didirikan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Kampak, Kabupaten Trenggalek, sejak 2019 lalu kini berkembang. Bahkan, NUsantara Mart kini sudah bisa mampu membagikan sisa hasil usaha (SHU) kepada penanam saham NUsantara Mart.

 

Di usianya yang  sudah dua tahun, sudah dua kali NUsantara Mart telah dua kali membagikan SHU. Pada tahun 2021 ini, SHU yang dibagikan sebesar Rp93.465.000. Pada Idul Fitri hingga saat ini, pembagian SHU yang dibagikan berupa voucher senilai Rp15 ribu.

 

“Voucher itu dapat ditukar dengan berbagai kebutuhan yang tersedia di NUsantara Mart dan kebetulan hari ini adalah hari terakhir penukaran voucher di NUsantara Mart," kata Sekretaris MWCNU Kampak, Mujtahid, kepada NU Online Jatim, Ahad (23/05/2021).

 

Selama ini, banyak orang beranggapan berinvestasi saham hanya dimonopoli oleh orang-orang berduit dan dengan angka saham yang fantastis. Anggapan itu sebenarnya keliru, sebab saat ini setiap orang bisa berinvestasi dengan nilai saham yang cukup rendah.

 

Bahkan, sejatinya berinvestasi saham tidak dilarang dalam kacamata Fiqih. Sebab, cara berinvestasinya yang legal dan aman serta imbal hasil investasinya terjamin. NUsantara Mart membuktikan itu.

 

NUsantara Mart dikelola secara profesional oleh manajemen sendiri namun tetap di bawah lembaga perekonomian NU yang bertanggung jawab kepada PCNU Trenggalek. Dalam pengelolaannya, beberapa kegiatan dilaksanakan, di antaranya rapat luar biasa pemegang saham rutin yang salah satunya untuk memantau perkembangan usaha.

 

Mujtahid mengatakan, NUsantara Mart juga berpeluang menjadi pusat perbelanjaan terbesar di Kampak yang mana selama ini warga NU berbelanja kebutuhan di toko-toko atau minimarket milik orang lain. Bisa dibayangkan kalau warga NU yang jumlahnya banyak  berbelanja di usahanya milik NU.

 

Sejatinya, NU Kampak memiliki banyak potensi ekonomi tapi belum banyak yang menggarap. Keberadaan NUsantara Mart diharapkan mampu mengangkat potensi perekonomian warga NU Kampak.

 

“Kalau nanti sudah berkembang, maka produk-produk yang dihasilkan oleh warga NU yang kecil-kecil dan selama ini belum jelas pemasaranya, akan difasilitasi oleh NUsantara Mart ini,” pungkas Mujtahid.

 

Editor: Nur Faishal


Matraman Terbaru