• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 22 April 2024

Matraman

Pengabdian Masyarakat Unwaha Ajarkan Teknik Produksi Hingga Pemasaran Fruit Leather Mangga

Pengabdian Masyarakat Unwaha Ajarkan Teknik Produksi Hingga Pemasaran Fruit Leather Mangga
Pelatihan produksi furit leather mangga, pada pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Unwaha Jombang. (Foto: NOJ/MF)
Pelatihan produksi furit leather mangga, pada pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Unwaha Jombang. (Foto: NOJ/MF)

Jombang, NU Online Jatim
Fakultas Pertanian Universitas K.H.A. Wahab Hasbullah (Unwaha) yang didukung LPPM Unwaha Tambakberas Jombang melaksanakan program pengabdian masyarakat ke Desa Ngampel Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang. Kegiatan yang bertujuan untuk menjalankan kerja sama bidang Tri Dharma perguruan tinggi tahun anggaran 2021-2022 ini dimulai Ahad (31/07/2022) dan berakhir pada Kamis (11/08/2022).

 

Tim dipimpin oleh Ketua Program Pengabdian Masyarakat Purbowo, Dosen Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Unwaha dengan anggota Miftachul Chusnah, Dosen Prodi Teknologi Hasil Pertanian dan Mazidatul Faizah, Dosen Prodi Agroekoteknologi.

 

Dyah Ayu Sri Hartanti, Dosen Fakultas Pertanian Unwaha mengatakan bahwa ada enam rangkaian kegiatan dalam program pengabdian masyarakat ini.

 

“Rangkaian pertama adalah sosialisasi dan Forum Group Discussion (FGD). Sosialisasi ini dilaksanakan tanggal 31 Juli 2022 untuk menyusun rencana, menentukan waktu pelaksanaan dan persiapan pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat juga pengenalan dan penjelasan tentang rencana pelaksanaan,” katanya, Senin (29/08/2022).

 

Selanjutnya, Dyah menjelaskan ada lima kegiatan pelatihan dan pendampingan yang diikuti oleh 25 masyarakat desa Ngampel yang tergabung dalam kepengurusan BUMDes.

 

“Lima kegiatan pelatihan dan pendampingan ini meliputi pelatihan teknologi pengolahan fruit leather mangga, teknologi pengemasan fruit leather mangga, fotografi produk makanan, digital marketing untuk UKM dan ekspor produk unggulan desa,” jelasnya.

 

Selain itu, Umar Khasan Dosen Fakultas Pertanian Unwaha mengungkapkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ditutup dengan dengan penyerahan alat alat pembuatan fruit leather ke BUMDES Desa Ngampel.

 

“Dan hari terakhir dilanjut dengan penyerahan alat-alat pembuatan fruit leather ke BUMDES Desa Ngampel. Dalam kegiatan tersebut peserta sangat antusias dalam menerima materi dari Fakultas Pertanian Unwaha,” ungkapnya.


Matraman Terbaru