• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 26 November 2022

Matraman

Gandeng Unwaha, Kampung Fatayat NU Jombang Segera Diluncurkan

Gandeng Unwaha, Kampung Fatayat NU Jombang Segera Diluncurkan
PC Fatayat NU Jombang saat diterima pimpinan Unwaha. (Foto: NOJ/Aulia R)
PC Fatayat NU Jombang saat diterima pimpinan Unwaha. (Foto: NOJ/Aulia R)

Jombang, NU Online Jatim

Meski dalam masa pandemi, sejumlah terobosan dilakukan Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Jombang. Yang terbaru adalah menjalin kerja sama dengan Universitas KH Wahab Chasbullah (Unwaha).

 

Kerja sama tersebut terjalin dalam sektor pertanian, pendidikan, penelitian dan pengembangan. Hal tersebut berkaitan dengan realisasi berkelanjutan dari program kerja unggulan yang telah diputuskan dalam rencana strategis atau Restra PC Fatayat NU Jombang.

 

“Kami telah merumuskan Renstra yang akan menjadi acuan tahun 2021,” kata Lailatun Ni’mah, Rabu (13/01/2021).

 

Ketua PC Fatayat NU Jombang tersebut mengemukakan dalam bulan ini sejumlah program siap diplenokan pada rapat kerja kedua.

 

“Di antara program kerja yang menjadi priorotas tahun ini adalah gerakan Fatayat sehat santri Nusantara atau Gafantara melalui bidang kesehatan dan lingkungan hidup,” kata alumnus Universitas Islam Malang tersebut.

 

Yang juga tidak kalah penting adalah gerakan seribu satu Difa atau daiyah Fatayat NU yang berguna menangkal radikalisme yang digarap oleh bidang dakwah.

 

“Ada juga sekolah perempuan atau sekoper yang didigarap oleh bidang politik, hukum dan advokasi,” terangnya pada upgrading pengurus pra Rakercab kedua tersebut. Termasuk Koperasi e-Yasmin melalui bidang ekonomi, dan program Asifa melalui  bidang pengembangan organisasi, pendidikan dan pengkaderan.

 

Melibatkan Unwaha

Ning Eli, sapaan akrabnya menambahkan meskipun sejumlah program menjadi prioritas, program kerja bidang lainnya menjadi perhatian penting.

 

Salah satu yang juga mendapat perhatian adalah Kampung Fatayat NU melalui Tis’u Himmat sebagaimana dirumuskan Pimpinan Wilayah (PW) Fatayat NU Jatim.

 

“Tentunya program ini membutuhkan banyak dukungan dari berbagai kalangan, serta dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan,” ungkapnya.

 

Yang juga harus menjadi perhatian adalah program tersebut dapat diikuti seluruh Pimpinan Anak Cabang (PAC) di tingkat kecamatan hingga Pimpinan Ranting (PR) Fatayat NU se-Kabupaten Jombang.

“Sehingga dapat dirasakan kebermanfaatannya oleh masyarakat Jombang umumnya, serta Fatayat NU khususnya,” urainya.

 

Melalui sinergitas yang positif ini, PC Fatayat NU Jombang berupaya mengembangkan realisasi program bidang pendidikan, penelitian serta kesehatan dan lingkungan hidup. Misalnya kerja sama bidang kesehatan dan lingkungan hidup yakni program Gafantara melalui 'Fatayat NU Tandur'.

 

“Ini adalah pelatihan hidroponik dan pembuatan pupuk, pelatihan pemanfaatan lahan pekarangan serta pelatihan lain yang berkaitan dengan sektor pertanian dan lingkungan hidup,” urainya.

 

Karena itu untuk menyukseskan prorgam tersebut dilakukan pertemuan dengan Rektor Unwaha, Antoon Muhibbuddin, wakil rektor bidang akademik, KH Kholid, dan wakil rektor bidang kerja sama KH Fathullah.

 

Pertemuan juga dihadiri Baznas Jombang, perwakilan Pemerintah Desa Tampingmojo Kecamatan Tembelang dan desa percontohan Banjarsari Kecamatan Perak.

 

Editor: Syaifullah


Editor:

Matraman Terbaru