• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 2 Oktober 2022

Matraman

Warung Sedekah di Trenggalek untuk Bantu Warga Penuhi Gizi

Warung Sedekah di Trenggalek untuk Bantu Warga Penuhi Gizi
Warung Sedekah yang diinisiasi oleh warga dibantu IPNU-IPPNU Wonocoyo (28/03) (NOJ/Dokumentasi PR IPNU-IPPNU).
Warung Sedekah yang diinisiasi oleh warga dibantu IPNU-IPPNU Wonocoyo (28/03) (NOJ/Dokumentasi PR IPNU-IPPNU).

Trenggalek, NU Online Jatim

Sedekah bisa dilakukan dengan beragam cara. Tidak harus selalu dengan memberikan uang kepada sesama atau anak yatim piatu. Namun, memberikan bantuan bahan pokok makanan juga baik dilakukan.

 

Seperti yang dilakukan warga bersama Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Desa Wonocoyo, Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek.

 

Ketua PR IPPNU Wonocoyo, Aqidatul Izzah Azhrari mengatakan, keberadaan ‘Warung Sedekah' berangkat dari situasi kondisi Pandemi Covid-19 yang mengakibatkan kehidupan masyarakat menjadi tidak normal. Termasuk pola makan dan pemenuhan gizi. Padahal, selama masa pandemi seharusnya kebutuhan gizi seimbang supaya imun setiap orang kuat.

 

"Walaupun sudah new normal seperti sekarang ini, kesehatan masyarakat juga harus tetap diperhatikan dari pola makan dan gizi seimbang," kata Izzah sapaan akrabnya, Senin (29/03/2021).

 

Ia mengungkapkan, adanya ‘Warung Sedakah’ ini untuk membantu perekomian masyarakat yang terdampak pandemi. Sebab, banyak  yang mata pencahariannya terdampak bahkan sampai mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). 

 

"Banyak warga masyarakat yang terkena PHK dan penurunan keadaan perekonomian keluarganya," ungkap siswi SMAN 1 Trenggalek tersebut.

 

Izzah menyampaikan, IPNU-IPPNU dilibatkan untuk membantu mensosialisasikan kepada masyarakat. Adapun 'Warung Sedekah' ini menjadi tempat penyediaan kebutuhan pokok makanan sehari-hari, terutama sayur mayur. Dimana warga diberi kebebasan untuk mengambil bahan makanan tersebut secara gratis.

 

"Untuk jumlah sendiri lumayan banyak, ada beberapa macam kebutuhan pokok seperti kangkung, timun, tomat, ayam, tempe tahu, kacang panjang, dan lain-lain," paparnya. 

 

Sementara teknis pengambilannya, penerima hanya boleh mengambil 3 macam kebutuhan pokok saja tidak boleh lebih. Supaya jumlah penerima tidak sedikit. "Hanya perlu dibayarkan dengan doa-doa yang baik," jelas siswi jurusan IPA tersebut.

 

Menurutnya, kegiatan sedekah ini masih dalam tahap evaluasi dan pengembangan untuk kedepannya. Jika ada dana yang mendukung dan ada fasilitas yang dapat digunakan maka kegiatan akan dirutinkan. "Insyaallah juga akan dilanjutkan ke minggu-minggu atau bulan-bulan depan," imbuhnya.

 

Ketua Ranting IPPNU Desa Wonocoyo periode 2020-2022 ini sangat bersyukur bisa ikut berpartisipasi dan diberi amanah untuk bisa berbagi kepada masyarakat. Kepada donatur, ia sangat berterima kasih karena sudah diberi bantuan.

 

 

"Kepada donatur, semoga diberikan berkah, barokah, lancar rezekinya, panjang umurnya dan dipermudah segala urusannya oleh Allah SWT," pungkasnya.

 

Editor: Romza


Editor:

Matraman Terbaru