• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 9 Agustus 2022

Metropolis

Ansor Bawean Gelar Festival al-Banjari

Ansor Bawean Gelar Festival al-Banjari
Pembukaan Festival al-Banjari se-Bawean. (Foto: NOJ/ Aminuddin)
Pembukaan Festival al-Banjari se-Bawean. (Foto: NOJ/ Aminuddin)

Gresik, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Bawean memperingati Hari Lahir (Harlah) ke-88 dengan menggelar Festival Al-Banjari. Dalam pembukaan festival se-Bawean ini dimeriahkan Drumband MTs Mambaul Falah di pantai Mombhul, Desa Sidogedungbatu, Kecamatan Sangkapura, Sabtu-Senin (28-30/05/2022).


"Festival ini sengaja kami laksanakan dalam rangka ikut memeriahkan Harlah ke-88 GP Ansor. Selain itu saya berharap dengan diadakannya festival ini tim al-Banjari kian pesat perkembangannya di pulau Bawean dan menjadi alternatif kesenian serta budaya yang tumbuh di masyarakat kita," kata Ketua PC GP Ansor Bawean, Syafi'e saat menyampaikan sambutan dalam pembukaan festival ini.


Menurutnya, festival ini sebagai bentuk apresiasi GP Ansor atas banyaknya tim hadrah di Pulau Bawean. Ia juga berharap tim hadrah di Pulau Bawean semakin mendapat tempat dan panggilan dari masyarakat.


"Kami menyediakan hadiah untuk juara 1, 2 dan 3 dalam festival ini berupa uang tunai. Kami juga menyediakan trophy untuk juara favorit yang dinilai dari banyaknya jumlah like dan tayang pada channel YouTube Bawean Viral," jelasnya.


Sementara itu, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bawean, Kiai Muhammad Fauzi Ra'uf mengapresiasi PC GP Ansor yang telah menggelar acara ini.


"Ini adalah acara pertama yang harus kita syukuri. Di mana kegiatan ini digelar dalam rangka peringatan Harlah ke-88 GP Ansor. Mudah-mudahan apa yang dilaksanakan oleh sahabat GP Ansor ini juga bisa digelar oleh Banom-banom NU yang lain, seperti Fatayat dan IPNU-IPPNU," paparnya.


Kiai Fauzi berharap, kegiatan semacam ini tidak hanya digelar sekali tapi berkelanjutan. Agar perkembangan seni al-Banjari dan hadrah yang lain terus berkembang di Bawean.


"Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada teman-teman gerakan pemuda Ansor. Dan juga saya ucapkan terima kasih kepada pihak-pihak terkait yang ikut serta mensukseskan dalam kegiatan festival ini," tutupnya.


Editor:

Metropolis Terbaru