• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 9 Agustus 2022

Metropolis

Pelantikan Perdana Ansor Bawean Diminta Dekat dengan Ulama

Pelantikan Perdana Ansor Bawean Diminta Dekat dengan Ulama
Prosesi pelantikan perdana PC GP Ansor Bawean. (Foto: NOJ/ Aminuddin)
Prosesi pelantikan perdana PC GP Ansor Bawean. (Foto: NOJ/ Aminuddin)

Gresik, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Bawean resmi dilantik pada Sabtu (26/03/2022). Prosesi pelantikan tersebut dipusatkan di Aula Pondok Pesantren Hasan Jufri, Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik.

 
Ketua Bidang Perekonomian Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Jatim, Musaffa’ Safril menyampaikan, bahwa pada April 2017 lalu dirinya bersama tim kaderisasi PW GP Ansor Jatim pernah ke Bawean untuk melaksanakan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD).


“Kami di Bawean selama sepekan untuk melaksanakan kaderisasi PKD. Dan itu merupakan cikal bakar berdirinya Ansor di Bawean. Kala itu, Ketua Bidang Kaderisasi diisi oleh almarhum Andry Dewanto,” ujarnya.


Dirinya menceritakan, selama sepekan di Bawean dirinya pernah diajak ziarah ke makam-makam auliya oleh almarhum Andry. Bahkan, makam tersebut berada di atas ketinggian dan melewati jalanan yang licin untuk sampai ke lokasi. Kendati demikian, upaya untuk berziarah tetap dilakukan.


“Hal ini menunjukkan, bahwa di mana pun kader Ansor berada tetap tidak dapat dipisahkan dengan para ulama, baik yang masih hidup atau pun sudah wafat. Dan hal ini yang perlu dilakukan oleh sahabat-sahabat Ansor Bawean,” imbuhnya.


Musaffa’ Safril berpesan, agar PC GP Ansor Bawean melakukan komunikasi intens dengan PW GP Ansor Jatim, meskipun dilakukan secara virtual. Hal tersebut perlu dilakukan guna pembenahan administrasi organisasi yang lebih matang.


“Ini perlu dilakukan karena di GP Ansor, khususnya Jawa Timur, ada akreditasinya guna melihat perkembangan organisasi di setiap tingkatan kepengurusan,” ungkapnya.


Sementara Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bawean, Kiai Muhammad Fauzi mengaku bahagia atas terlaksananya pelantikan GP Ansor di Bawean yang perdana. Hal ini menurutnya merupakan hal yang diimpikan sejak lama.


"Jika ada istilah siapa orang yang paling bahagia atas turunnya SK dan terselenggaranya pelantikan ini, maka sayalah orang yang paling bahagia. Karena saya sudah sejak tahun 2004 lalu yang memperjuangkan dan menginginkan adanya Ansor di Bawean," paparnya.


Pihaknya pun merasa bangga dan optimis untuk bersama-bersama dengan GP Ansor untuk mengembangkan NU di Bawean. “Mengingat, selama ini yang mewarnai kegiatan-kegiatan PCNU Bawean salah satunya adalah GP Ansor,” tandasnya.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya, DPRD Gresik Bustami Hazim, Rais PCNU Bawean Kiai Ach Zubaidi Humaili, Wakil Sekretaris PW GP Ansor Jatim Khoirul Rozikin, Koordinator Cyber GP Ansor Jatim Zulkarnain Mahmud, PC Fatayat NU, Muslimat NU, PMII, IPNU-IPPNU, serta pengurus GP Ansor se-Bawean.
 


Diketahui, dalam agenda tersebut juga dilaksanaka pelantikan serentak 5 Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor se-Bawean. Di akhir kegiatan, juga dilaksanakan Sosialisasi 4 Pilar oleh Wakil Ketua MPR RI, H Jazilul Fawaid.


Metropolis Terbaru