• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Metropolis

Pemkab Gresik Berikan Subsidi Tiket Kapal untuk Santri Asal Bawean

Pemkab Gresik Berikan Subsidi Tiket Kapal untuk Santri Asal Bawean
Para santri saat akan menyeberang ke Pulau Bawean. (Foto: Istimewa)
Para santri saat akan menyeberang ke Pulau Bawean. (Foto: Istimewa)

Gresik, NU Online Jatim
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik memberikan perhatian khusus kepada santri asal daerah tersebut yang sedang menempa pendidikan di diberbagai pondok pesantren di Jawa Timur.
 

Perhatian itu diwujudkan dengan memberikan fasilitas penjemputan para santri ke pondoknya masing-masing yang hendak menjalani liburan Ramadhan. Selain itu, Pemkab Gresik juga memberikan subsidi tiket kapal bagi santri asal Pulau Bawean. 
 

Wakil Bupati Gresik Hj Aminatun Habibah hadir di Pelabuhan Gresik untuk melepas para santri yang hendak pulang ke Pulau Bawean. Bu Min, panggilan akrabnya mengatakan, program ini merupakan wujud perhatian pihaknya kepada para santri.
 

"Program ini diharapkan bisa memudahkan para santri asal Gresik yang menimba ilmu di pondok pesantren yang tersebar di Jawa Timur untuk bisa pulang kampung. Bagi santri Gresik asal Bawean, kendala yang biasanya mereka hadapi adalah kehabisan tiket kapal, sehingga dengan adanya fasilitasi Dishub Gresik dan pemberian subsidi untuk tiket kapal pulang-pergi Gresik-Bawean yang perdana kita lakukan tahun ini, semoga dapat menyelesaikan masalah tersebut dan menjadi manfaat bagi santri kita," katanya Kamis (24/03/2022). 
 

Setidaknya ada 166 santri dari Pondok Pesantren Sidogiri dan 41 santri Ponpes Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Situbondo asal Bawean yang menerima subsidi tiket kapal tersebut.
 

Muhammad Arifin, kepala Seksi Penyeberangan Lainnya Dishub Gresik menjelaskan bahwa fasilitasi kepulangan santri Jawa Timur asal Kabupaten Gresik berlangsung dari bulan Maret sampai April 2022.
 

 

"Jumlah total yang sudah masuk data sementara ini sebanyak 1.684 santri, baik itu yang dari Bawean maupun di luar Bawean, dan ini masih bisa bertambah. Dengan jumlah tersebut Dishub sudah menyiapkan armada bus sebanyak 36 unit yang siap mensukseskan program ini," katanya.


Editor:

Metropolis Terbaru