• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 29 September 2022

Metropolis

Cara Apik Generasi Milenial di Dukun Gresik Rayakan Idul Fitri

Cara Apik Generasi Milenial di Dukun Gresik Rayakan Idul Fitri
Milenial anggota IKPB di Gresik berlebaran. (Foto: NOJ/MSH)
Milenial anggota IKPB di Gresik berlebaran. (Foto: NOJ/MSH)

Gresik, NU Online Jatim

Para muda-mudi di Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, melestarikan tradisi lama saat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah pada Kamis (13/05/2021). Unjung-unjung plus mereka lakukan di antara sesama generasi  milenial di kampung halaman.

 

Salah satunya dilakukan oleh generasi milenial di Dusun Bendo, Desa Tebuwung, Dukun, yang tergabung dalam Ikatan Pemuda Keluarga Bendo (IPKB). Di momen Idul Fitri, mereka tak hanya bersilaturrahim atau unjung-unjung usai Shalat Id, tapi juga mengadakan kegiatan khatim Qur’an dan halal bil halal.

 

Bendo merupakan sebuah dusun di Desa Tebuwung, Kecamatan Dukun yang dikenal dengan perkampungan pondok. Dijuluki kampung pondok karena pusat pendidikan, baik lembaga formal maupun  nonformal berpusat di dusun in.

 

Mereka yang aktif di kegiatan ini statusnya masih pelajar, santri, dan mahasiswa. Pada saat Ramadlan ke 27, mereka pulang dengan kesepakatan dan kordinasi untuk mengadakan rapat untuk kegiatan dan pembagian tugas.

 

Kegiatan ini dimulai susai Shalat Idul Fitri. Mereka kemudian bersilaturrahim ke keluarga kemudian ke teman-teman seusia. Tentu saja sambil menikmati suguhan khas Lebaran, ketupat. Setelah itu dilanjutkan ke makam para sesepuh untuk berziarah.

 

“Hal ini menjadikan kita faham akan pentingnya menjaga keluarga di saat momen Idul Fitri," ujar Ketua IPKB Erika Ikmaliah.

 

Editor: Nur Faishal


Metropolis Terbaru