• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 23 April 2024

Metropolis

Cegah Perundungan, Perkuat Komunikasi Orang Tua dan Anak

Cegah Perundungan, Perkuat Komunikasi Orang Tua dan Anak
Ilustrasi perundungan. (Foto: NOJ/unair)
Ilustrasi perundungan. (Foto: NOJ/unair)

Surabaya, NU Online Jatim
Koordinator Nasional Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI), Ubaid Matraji menekankan kepada orang tua agar memperkuat komunikasi sehingga tercipta rasa saling percaya (trust) di dalam keluarga. Sebab, menurutnya komunikasi menjadi kunci untuk mencegah perundungan.


“Soal komunikasi dan trust ini berlaku untuk semua anak dan orang tua, termasuk pelaku. Jika anak gak pernah komunikasi sama orang tua, orang tua mau ngomong apa saja, anak gak mau dengar. Karena itu, upaya komunikasi dan membangun trust ini butuh effort (usaha) keras, dan butuh proses panjang, yang tentu tidak bisa instan,” terangnya.


Ia menjelaskan orang tua perlu membangun pola komunikasi yang baik dan mengajarkan anak mengenai pentingnya cinta kasih pada sesama.


"Komunikasi yang baik sangat diperlukan untuk membangun karakter anak agar menjadi pribadi berakhlak mulia, orang tua juga perlu mengajarkan cinta kasih agar anak tumbuh menjadi sosok yang penuh kasih sayang," jelasnya.


Dia juga mengingatkan agar orang tua memastikan anak-anak mereka tumbuh dengan rasa bahagia guna mencegah terjadinya trauma pada diri anak yang dapat mengganggu tumbuh kembangnya.


"Trauma pada diri anak akibat tindakan kekerasan yang terjadi pada dirinya akan mengganggu pertumbuhan jiwa anak, sehingga orang tua harus memastikan anak-anak mereka dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik mulai dari aspek fisik maupun psikis," tutur Ubaid.


Metropolis Terbaru