• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 27 Juni 2022

Metropolis

Elemen NU di Sidoarjo Bantu Perbaiki Rumah Warga Terdampak Angin Kencang

Elemen NU di Sidoarjo Bantu Perbaiki Rumah Warga Terdampak Angin Kencang
Banser Tanggap Bencana (Bagana) Sukodono melakukan Baksos memperbaiki atap rumah warga terdampak bencana angin kencang di Desa Pademonegoro, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo, Jum'at (17/12/2021). (Foto: NOJ/LYR)
Banser Tanggap Bencana (Bagana) Sukodono melakukan Baksos memperbaiki atap rumah warga terdampak bencana angin kencang di Desa Pademonegoro, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo, Jum'at (17/12/2021). (Foto: NOJ/LYR)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Sukodono, Kabupaten Sidoarjo melalui Satuan khusus (Satsus) Banser Tanggap Bencana (Bagana) Sukodono menggelar bakti sosial (baksos) dalam giat memperbaiki sejumlah rumah warga di Desa Pademonegoro yang terdampak bencana angin kencang beberapa waktu lalu.
 

Kepala Satsus (Kasatsus) Bagana Sukodono Bashori mengatakan, beberapa personil telah dikerahkan ke lokasi terdampak bencana angin kencang di Desa Pademonegoro, Kecamatan Sukodono. Kegiatan ini terlaksana berkat sinergi antara Bagana Sukodono dengan NU Care-Lembaga Amil, Zakat, Infaq Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Sidoarjo.
 

“Hari ini kami membenahi salah satu atap rumah warga yang terdampak bencana, ada lima rumah yang mendapatkan santunan dari LAZISNU dan kami membantu berupa tenaga untuk memasang atap rumah warga yang rusak. Kami bertugas disini mulai dari proses asesmen hari Rabu kemarin hingga Sabtu,” katanya kepada NU Online Jatim, Jum’at (17/12/2021).
 

Lebih lanjut, ia menegaskan, perbaikan yang dilakukan rata-rata pada atap rumah yang terbang terbawa angin kencang dan tertimpa atap rumah tetangganya.
 

“Yang kami perbaiki adalah rumah warga yang belum pernah tersentuh bantuan, sore ini kegiatan kami hentikan karena material asbes belum siap dan akan kami lanjutkan besok. Semoga besok diberikan kelancaran,” tegasnya saat dikonfirmasi secara terpisah.
 

Sementara, Ketua NU Care-LAZISNU Sidoarjo Muh Ihsan menuturkan, pemberian santunan berupa sejumlah uang tersebut dalam rangka membantu meringankan beban warga yang terdampak bencana. Ia menambahkan, pihaknya hari ini juga telah menyerahkan bantuan modal usaha bagi kepada Saniyah warga Desa Kedungturi yang juga terdampak bencana angin kencang.

 

“Meskipun ada pihak yang sudah membantu, ternyata setelah dilakukan cek lapangan ada yang belum tersentuh bantuan, di sinilah peran LAZISNU untuk membantu warga terdampak yang belum tersentuh bantuan tersebut. Mudah-mudahan sedikit bantuan ini dapat meringankan beban warga yang terkena bencana, tidak lupa pula kami haturkan terimakasih kepada semua donatur, semoga membawa berkah dan manfaat,” tuturnya.
 

Nurdin Mustaqim, salah satu warga RT 005 RW 002 Desa Pademonegoro yang rumahnya terdampak bencana angin kencang mengapresiasi atas baksos yang dilakukan oleh Bagana Sukodono. Dirinya mengaku sebelumnya tidak pernah mendapatkan bantuan dari pihak lain.
 

“Alhamdulillah, terimakasih, hanya Allah yang bisa membalasnya, kami tidak menyangka atap serambi rumah kami diperbaiki oleh Banser Sukodono. Kami sebagai korban sangat terbantu sekali, semoga bencana ini tidak terjadi lagi karena kami trauma dengan kejadian itu,” ungkapnya.
 

Ketua Unit Pengelola Zakat, Infaq, Shadaqah (UPZIS) LAZISNU Sukodono Moh Winarto menegaskan, pihaknya juga siap membantu warga korban terdampak bencana angin kencang tersebut.
 

Sebagaimana diketahui, bencana angin kencang menerjang kawasan Desa Pademonegoro pada Sabtu (11/12/2021) sore dan mengakibatkan sekitar 10 rumah warga di desa tersebut rusak.


Metropolis Terbaru