• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 23 April 2024

Metropolis

Erwin Gunawan Hutapea Resmi Dikukuhkan Jadi Kepala BI Jatim

Erwin Gunawan Hutapea Resmi Dikukuhkan Jadi Kepala BI Jatim
Pengukuhan Kepala Perwakilan BI Jatim, Erwin Gunawan Hutapea, Kamis (22/02/2024). (Foto: NOJ/ Dok. BI Jatim)
Pengukuhan Kepala Perwakilan BI Jatim, Erwin Gunawan Hutapea, Kamis (22/02/2024). (Foto: NOJ/ Dok. BI Jatim)

Surabaya, NU Online Jatim

Erwin Gunawan Hutapea resmi dikukuhkan sebagai Kepala Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Jatim. Pengukuhan dilakukan langsung oleh Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI), Destry Damayanti, di Ruang Singosari Bank Indonesia Regional Jawa Timur, Kamis (22/02/2024).

 

Erwin Gunawan Hutapea sebelumnya menjabat sebagai Kepala KPw BI Jawa Barat. Ia menggantikan Kepala KPw BI Jatim sebelumnya, Doddy Zulverdi, yang kini diamanahi Kepala Departemen Manajemen Strategis dan Tata Kelola di Kantor Pusat Bank Indonesia.

 

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti menyampaikan apresiasi kepada Doddy Zulverdi yang secara aktif telah bersinergi bersama pemerintah daerah dan mitra kerja utama di Jawa Timur.

 

“Berbagai program unggulan telah diprioritaskan dan diselaraskan untuk dapat mendukung Nawa Bakti Satya Provinsi Jawa Timur dalam memperkuat Jawa Timur menjadi lead ekspor manufaktur, lumbung pangan Nusantara, digitalisasi dan pengembangan UMKM/ pariwisata,” ujarnya.

 

Di samping itu, Destry Damayanti juga memperkenalkan Erwin Gunawan Hutapea kepada khalayak. Ia berharap kepemimpinan yang baru dapat memberikan sumbangsih terbaik bagi Jawa Timur, sekaligus bagi perekomomian nasional.

 

“Hal ini tentu sejalan dengan peran KPw BI Provinsi Jatim sebagai koordinator Kantor Perwakilan BI se-wilayah Jawa,” ucapnya.

 

Dirinya menyebutkan, guna mencapai hal tersebut diperlukan sinergi kuat yang telah terjalin antara Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur serta seluruh stakeholders terkait lainnya.

 

“Kami sampaikan apresiasi setinggi tingginya kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang mendukung kesuksesan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP),” kata Destry Damayanti.

 

Berkat upaya tersebut, lanjut Destry Damayanti, inflasi pangan terkendali, termasuk pula pengembangan UMKM dan ekonomi syariah berjalan baik. Hal itu diwujudkan di antaranya atas penyelenggaraan Festival Ekonomi Syariah (Fesyar).

 

“Serta, pemanfaatan QRIS dan BI-FAST untuk mendukung pengembangan UMKM, serta elektronifikasi pemerintah daerah untuk meningkatkan penerimaan daerah,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Doddy Zulverdi, yang telah membangun kemitraan yang konstruktif dan produktif dengan Pemprov Jatim dan jajaran selama memimpin KPw BI Provinsi Jawa Timur.

 

“Sinergi dan kolaborasi antara Pemprov Jawa Timur dan BI Jatim telah terjalin dengan baik, terbukti mampu mendorong pertumbuhan ekonomi Jawa Timur tahun 2023 yang tetap kuat di tengah terkendalinya laju inflasi pada sasaran 3±1 persen,” ujar Adhy Karyono.

 

Adhy Karyono juga menyambut hangat kedatangan Erwin Gunawan Hutapea. Diharapkan kerja sama yang telah terangkai dengan baik dapat berlanjut untuk terus memperkuat stabilitas harga dan mendukung pertumbuhan ekonomi Jawa Timur yang lebih inklusif.

 

“Sehingga dapat memperluas lapangan kerja, lebih mensejahterakan masyarakat, serta mampu menurunkan angka kemiskinan,” pungkasnya.

 

Upacara pengukuhan tersebut turut dihadiri oleh anggota Komisi XI DPR RI, Forkopimda Provinsi Jawa Timur, Bupati/Walikota di Jawa Timur, perwakilan diplomatik negara sahabat, pimpinan satuan kerja Bank Indonesia pusat dan daerah, serta mitra strategis BI lainnya.


Metropolis Terbaru