• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 26 Mei 2022

Metropolis

Geliat Madrasah di Gresik Siapkan Kader Pelajar yang Militan

Geliat Madrasah di Gresik Siapkan Kader Pelajar yang Militan
Pelantikan PK IPNU-IPPNU MTs Alkarimi 2 Bulangan, Gresik masa khidmat 2021-2022. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo).
Pelantikan PK IPNU-IPPNU MTs Alkarimi 2 Bulangan, Gresik masa khidmat 2021-2022. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo).

Gresik, NU Online Jatim

Spirit dalam mengorbitkan kader pelajar NU yang militan sejumlah madrasah di Kabupaten Gresik patut diacungi jempol. Meski pandemi Covid-19 di beberapa daerah mengalami lonjakan kasus, hal tersebut tidak menyurutkan semangat dengan membentuk Pimpinan Komisariat (PK) di lembaga pendidikan.

 

Seperti halnya di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Alkarimi 2 Desa Bulangan Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. Baru-baru ini membentuk PK Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), serta melakukan pelantikan pengurus pada Selasa (29/06/2021) malam.

 

Pelantikan PK IPNU-IPPNU MTs Alkarimi 2 Bulangan masa khidmat 2021-2022 tersebut dipusatkan di aula sekolah setempat, dengan mengusung tema ‘Menciptakan Pelajar Militan dan Berakhlakul Karimah di Era Milenial’.

 

Kepala MTs Alkarimi 2 Bulangan, Abd Hakim mengatakan, bahwa proses pembelajaran dalam organisasi di kalangan pelajar NU sangatlah penting. Oleh karena itu, pihaknya sangat senang dan bangga atas terbentuknya PK IPNU-IPPNU ini.

 

“Alhamdulillah, PK IPNU-IPPNU di madrasah yang saya pimpin akhirnya terbentuk. Saya sangat senang dan bangga," ujar Hakim.

 

Dikatakan oleh Hakim, bahwa kegiatan ini adalah bagian dari proses edukasi dalam berorganisasi di kalangan pelajar NU, khususnya murid di MTs Alkarimi 2 Bulangan.

 

“Ini bagian kecil dari proses belajar berorganisasi yang cukup penting digalakkan di lingkungan madrasah, sebagai upaya mewarnai atau memberikan sumbangsih nyata kepada lingkungan sekitar,” imbuhnya.

 

Tidak hanya itu, dirinya pun mewanti-wanti agar semangat belajar bagi pelajar NU harus terus digelorakan, di samping pula semangat pengabdian dalam berorganisasi.

 

“Meskipun nanti aktif di organisasi, hendaknya tidak lupa atas tugas wajib seorang pelajar yaitu belajar dengan tekun,” tutur Hakim.

 

Pihaknya pun berharap, atas diupayakannya hal ini dapat menjadi bagian dalam menyiapkan kader yang militan menyongsong satu abad NU.  

 

 

"Hal ini merupakan bagian dari mencetak kader yang siap berkhidmah untuk NU, serta menguatkan kecintaan terhadap tanah air atau hubbul wathan minal iman pada diri pelajar," pungkasnya.

 

Editor: A Habiburrahman


Metropolis Terbaru