• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 7 Oktober 2022

Metropolis

Gus Ali: Tiga Syarat Kekuatan Organisasi Bisa Besar dan Bertahan

Gus Ali: Tiga Syarat Kekuatan Organisasi Bisa Besar dan Bertahan
Wakil Rais Syuriah PWNU Jatim KH Agoes Ali Masyhuri. (Foto: PWNU Jatim)
Wakil Rais Syuriah PWNU Jatim KH Agoes Ali Masyhuri. (Foto: PWNU Jatim)

Surabaya, NU Online Jatim

Wakil Rais Syuriah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur KH Agoes Ali Masyhuri alias Gus Ali mengatakan ada tiga syarat kekuatan sebuah organisasi bisa besar dan bertahan. Tiga syarat itu menurutnya dimiliki oleh karenanya tetap eksis sampai sekarang, bahkan bertambah besar.

 

“Pertama, kekuatan ideologi. Kedua, kekuatan ekonomi terutama basis sandang-pangan. Yang ketiga punya akar budaya, bahasa kerennya punya local wisdom,” kata Gus Ali saat berbicara dalam acara Silaturrahim 87 Banser Senior dan Tasyakuran 87 Tahun Ansor oleh PW GP Ansor Jatim di Masjid Al Akbar Surabaya, Kamis (03/06/2021).

 

NU, lanjut Pengasuh Pesantren Bumi Sholawat Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, itu memiliki tiga kekuatan tersebut, bahkan memiliki kekuatan lain dari tiga tersebut. Kekuatan ideologi, ekonomi dan akar budaya dimiliki NU. Sehingga tak heran survei menyebutkan bahwa NU saat ini adalah organisasi sosial keagamaan terbesar di Indonesia bahkan dunia.

 

Hadir pula dalam kegiatan itu Gubernur Jatim yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa, mantan Ketua Umum PP GP Ansor Saifullah Yusuf alias Gus Ipul, Ketua PW GP Ansor Jatim Gus Syafiq Syauqi, Kepala Satuan Koordinasi Wilayah Barisan Ansor Serbaguna Jatim Irsyad Yusuf alias Gus Irsyad, dan lainnya.

 

Khofifah mengatakan kehadiran NU dan Ansor dan Banser sangat dirasakan dalam kehidupan masyarakat. Pemerintah juga ikut terbantu dengan peran NU, Ansor-Banser. Khofifah sendiri mengaku bangga dengan Banser yang terlihat ikhlas memberikan rasa aman dan nyaman di setiap kegiatan organisasi yang ia pimpin, Muslimat NU.

 

“Pada saat orang berbicara tentang kerukunan intern dan antarumat beragama, pasti memori banyak elemen strategis di negeri ini, Ansor di mana, Banser di mana. Maka di lingkungan Muslimat NU yang sering sekali mendapatkan pelayanan dari Banser,” ujar Khofifah.

 

Gus Syafiq mengatakan, silaturrahim bersama 87 Banser senior itu adalah yang pertama kali dilakukan di lingkungan Ansor. Gus Ipul mengamini itu. Namun, dengan nada bercanda, dia juga menyampaikan bahwa kegiatan tersebut tergelar berkat komunikasi dirinya dengan Khofifah.

 

“Jadi, acara ini murni inisiatif Bu Gubernur Khofifah. Beliau juga yang mengusulkan jumlah 87 karena sesuai dengan harlah Ansor yang ke 87 tahun,” kata Gus Ipul yang kini menjadi Dewan Pembina PW GP Ansor Jatim itu.

 

Editor: Nur Faishal


Metropolis Terbaru