• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 3 Desember 2022

Madura

Ratusan Calon Kader Ansor di Sumenep Digembleng Aswaja NU

Ratusan Calon Kader Ansor di Sumenep Digembleng Aswaja NU
Ketua PC GP Ansor Sumenep Qumri Rahman saat menggembleng ratusan calon kader NU di Pragaan, Kabupaten Sumenep.
Ketua PC GP Ansor Sumenep Qumri Rahman saat menggembleng ratusan calon kader NU di Pragaan, Kabupaten Sumenep.

Sumenep, NU Online Jatim

Memperkuat Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor merupakan tumpuan utama dalam memassifkan dakwah Islam Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah di pedesaan. Karena mereka secara kontinu berhadapan dengan masyarakat.

 

Berangkat dari kesadaran ini, maka pengurus PR GP Ansor Prenduan, Pragaan, Kabupaten Sumenep, Madura, menggelar penguatan ranting yang melibatkan ratusan organisasi kepemudaan, mulai dari Ikatan Pemuda Sarkoju' (IPS), karang Taruna, kelompok hadrah, klub futsal, dan lainnya, di Pondok Pesantren Al-Qororul Makin, Cecce' Laok, Prenduan, Senin (31/05/2021) .

 

Hadir juga pengurus Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor, Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Barisan Ansor Serbaguna (Banser), Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor, dan Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Banser setempat.

 

Dalam sambutannya, Ketua PC GP Ansor Sumenep Kiai Qumri Rahman merasakan geliat kegiatan Ranting yang sangat massif di berbagai Ranting. Mulai dari Pendidikan Kepemimpinan Dasar (PKD), Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar), Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor (MDSRA), dan aksi relawan dari Badan Ansor Anti Narkoba (Baanar).

 

"Kami bersyukur, Ansor yang ada di daerah kepulauan pun tak mau kalah dengan daratan. Dalam bulan ini, kami akan melaksanakan PKD di kepulauan Sapeken, Kangean, Sapudi, Pagerrungan, dan kami baru datang dari Gili Iyang," katanya.

 

Alumni Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan, tersebut mengapresiasi kegiatan ini. Di mana calon-calon kader yang dikumpulkan dalam auditorium ini, jumlahnya lebih dari seratus lima puluhan.

 

"Para calon kader, sebelum kalimat Ansor, ada GP. Yang perlu digaris bawahi adalah kata gerakan. Lewat gerakan, 10 pemuda pun bisa menggoncangkan dunia," katanya saat mengutip pemikiran Ir Soekarno.

 

Tak henti di situ, harakah yang dicontohkan oleh muassis, hakikatnya sudah tertuang dalam AD/ART Pasal 2 Nomor 4. Yakni, tujuan Ansor adalah menegakkan dan melaksanakan ajaran Islam Aswaja di dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan berperan aktif dalam pembangunan nasional demi terwujudnya cita-cita kemerdekaan Indonesia.

 

"Dari tujuan ini, kalian akan kami godok, yang nantinya akan menjadi generasi yang cerdas, tangguh, memiliki keimanan dan ketakwaan pada Allah SWT, berkepribadian luhur, berkahlak mulia, sehat, terampil, patriorik, ikhlas, dan beramal shaleh," tegasnya mantap.

 

Alumni Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, Situbondo itu menegaskan bahwa Islam menurut Syekh Ramadhan Al-Buthi adalah Islam Aswaja, khususnya yang ada di Indonesia yang tawassuthiyah dantasamuhiyah.

 

"Menurut beliau, Aswaja adalah haqiqatul Islam," ujar Kiai Qumri.

 

Editor: Nur Faishal


Madura Terbaru