• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 29 November 2022

Metropolis

Harlah Ke-99 NU

Gus Salam Ajak Gelar Harlah NU di Wadas

Gus Salam Ajak Gelar Harlah NU di Wadas
Cuitan KH Abdussalam Sochib atau Gus Salam. (Foto: NOJ/
Cuitan KH Abdussalam Sochib atau Gus Salam. (Foto: NOJ/

Surabaya, NU Online Jatim
Polemik di Desa Wadas, Purworejo, Jawa Tengah hingga kini masih menjadi perhatian banyak pihak. Apalagi setelah pengerahan aparat keamanan dan penangkapan terhadap warga setempat beberapa hari lalu.
 

Perhatian itu pun juga datang dari KH Abdussalam Sochib atau Gus Salam, Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur (Jatim).
 

Melalui akun Twitter-nya, Gus Salam mengajak menggelar Hari Lahir (Harlah) NU di Desa Wadas. Pengasuh Pondok Pesantren Mama’ul Ma’arif, Denanyar, Jombang ini tampak me-retweet cuitan akun @muzammilmahmud yang menulis keprihatinan dan saran serta masukam atas kondisi polemik di Wadas.
 

Gus Salam juga menyatakan siap hadir jika diadakan Harlah NU di Desa Wadas.
 

"Monggo kiai, kita adakan Harlah NU di Desa Wadas, kami dari PWNU jatim siap hadir & berpartisipasi," tulis Gus Salam dilihat NU Online Jatim, Jumat (11/02/2022).
 

Seperti diketahui, konflik lahan di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah kembali terjadi. Kericuhan lantaran saat akan dilaksanakan pengukuran lahan yang diamankan oleh ribuan aparat kepolisian pada Selasa (8/2/2022). Suasana semakin memanas ketika puluhan warga yang diduga melakukan provokasi ditangkapi oleh polisi.
 

Warga Desa Wadas menolak pengambilalihan lahan atau tanah untuk rencana proyek bendungan dan tambang yang menjadi proyek strategis nasional (PSN) tersebut. Selain dapat merusak lingkungan dan ekosistem, juga dapat menghilangkan ruang hidup masyarakat.
 


Metropolis Terbaru