• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Tapal Kuda

Jelang Harlah Ke-68, IPNU Pasuruan Sukseskan Gerakan Satu Data

Jelang Harlah Ke-68, IPNU Pasuruan Sukseskan Gerakan Satu Data
Flyer 'Gerakan IPNU Satu Data' oleh PC IPNU Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/ Rahma Salsabila)
Flyer 'Gerakan IPNU Satu Data' oleh PC IPNU Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/ Rahma Salsabila)

Pasuruan, NU Online Jatim

Menjelang Hari Lahir (Harlah) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) ke-68 pada 24 Februari mendatang, Pimpinan Cabang (PC) IPNU Kabupaten Pasuruan menggelar serangkaian acara. Di antaranya adalah ‘Gerakan IPNU Satu Data’ yang dilaksanakan selama tiga hari, Kamis-Sabtu (10-12/02/2022).

 

Gerakan tersebut merupakan upaya PC IPNU Kabupaten Pasuruan untuk mengetahui jumlah serta potensi kader IPNU yang berada di wilayah kerjanya.

 

"Sekarang kita berada pada era big data, sehingga dalam memenuhi kebutuhan organisasi maupun untuk menentukan gerakan dalam organisasi harus beracuan pada data yang nyata," kata Sekretaris PC IPNU Kabupaten Pasuruan, Nur Ali Farchan.

 

Menurutnya, dengan mengintegrasikan data kader IPNU se-Kabupaten Pasuruan dapat mempermudah setiap departemen dan lembaga di tingkatan Pimpinan Cabang untuk merealisasikan program kerjanya.

 

"Karena sebelum ini kami sempat mengalami permasalahan di pendataan, baik dalam bidang kaderisasi, organisasi, maupun jaringan sekolah dan pesantren. Gerakan IPNU Satu Data inilah yang kemudian kami hadirkan sebagai solusi," ujarnya.

 

Kendati telah memiliki sejumlah Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT), 19 Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan telah merambah hingga ke tingkatan Pimpinan Anak Ranting (PAR), PC IPNU Kabupaten Pasuruan tetap bertekad membentuk Pimpinan Komisariat (PK) di beberapa sekolah negeri.

 

"Kami telah memiliki PK di sekolah atau madrasah di bawah naungan LP Ma'arif NU. Namun, kami juga merasa perlu untuk mendirikan PK di SMP, MTs, atau pun SMA Negeri. Maka, melalui gerakan IPNU Satu Data ini nantinya setiap pimpinan akan dikembangkan," imbuhnya.

 

Dijelaskan, setelah semua data terkumpul, pihaknya akan membentuk sejumlah komunitas guna menyalurkan potensi kader agar dapat diberdayakan dan dikembangkan dengan tepat.

 

"Karena tugas PC IPNU Kabupaten Pasuruan adalah mengayomi, memfasilitasi, dan memastikan jika gerak organisasi di tingkatan bawah berjalan dengan baik."

  

Sebagai informasi, sejumlah rangkaian agenda akan dilaksanakan oleh PC IPNU Kabupaten Pasuruan dalam menyambut Harlah ke-68. Di antaranya Bincang bersama Bupati Pasuruan hingga pemilihan Duta Anti Narkoba.


Tapal Kuda Terbaru