• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 7 Desember 2022

Tapal Kuda

Bersinergi, LPNU-LPPNU Pasuruan Singkronisasi Proker dengan Pemkab

Bersinergi, LPNU-LPPNU Pasuruan Singkronisasi Proker dengan Pemkab
Rapat Koordinasi Sinkronisasi Program Kerja oleh LPNU-LPPNU dengan Pemkab Pasuruan. (Foto: NOJ/ Rahma Salsabila)
Rapat Koordinasi Sinkronisasi Program Kerja oleh LPNU-LPPNU dengan Pemkab Pasuruan. (Foto: NOJ/ Rahma Salsabila)

Pasuruan, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) dan Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) Kabupaten Pasuruan lakukan Rapat Koordinasi Sinkronisasi Program Kerja (Proker) dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan, Kamis (03/01/2022).

 

Kegiatan kerja sama keumatan tersebut dipusatkan di ruang rapat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pasuruan, Jalan Hayam Wuruk Nomor 14, Kabupaten Pasuruan.

 

"Program yang berhasil kami sinergikan dengan pemerintah salah satunya yaitu pelatihan dan pendidikan bisnis olahan bahan baku pertanian dan peternakan," kata Ketua PC LPNU Kabupaten Pasuruan, Samsul Arifin.

 

Selain itu, pihaknya juga bekerja sama dalam penyelenggaraan latihan pengemasan/ packaging, mulai pemilihan bentuk desain hingga pembuatan bungkus untuk dijual ke masyarakat. Karena hal tersebut berguna untuk meningkatkan daya jual beli.

 

"Sinergi yang kami lakukan juga termasuk dalam pengadaan barang dan bantuan modal," katanya.

 

Dirinya menyebutkan, bahwa target dari beberapa pelatihan tersebut agar warga NU di Kabupaten Pasuruan dapat menciptakan lapangan kerja.

 

"Karena dengan semakin banyak peluang usaha, lapangan kerja yang diciptakan sendiri, serta kreativitas dan inovasi yang dimanfaatkan secara maksimal, dapat mendukung stabilnya perekonomian warga," terangnya.

 

Ia pun memaparkan, bahwa pelaksanaan pelatihan akan disesuaikan dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh Pemerintah Kabupaten Pasuruan. “Dan rencananya, sebagian besar pelatihan akan digelar di gedung Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan,” katanya.

 

Lebih lanjut, pihaknya berharap agar komunikasi dan kerja sama serupa dapat dilaksanakan secara keberlanjutan demi kemaslahatan masyarakat Kabupaten Pasuruan.

 

"Kami sangat senang dan mengapresiasi keterbukaan Pemkab Pasuruan dalam menerima sinergi dan kolaborasi program kerja dengan LPNU dan LPPNU Sumenep," ungkapnya.

  

Rapat Koordinasi Sinkronisasi itu turut diikuti oleh Sekretaris Daerah, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Dinas Peternakan dan Pertahanan Pangan, serta empat dinas lainnya di Kabupaten Pasuruan.


Tapal Kuda Terbaru