• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 9 Agustus 2022

Tapal Kuda

Tumbuhkan Kemandirian, MINU di Pasuruan Gelar Persami

Tumbuhkan Kemandirian, MINU di Pasuruan Gelar Persami
Siswa peserta Persami MINU Miftahul Ulum Kejapanan, Gempol, Kabupaten Pasuruan, menerima hadiah dari guru. (Foto: NOJ/Sutrisno Akbar)
Siswa peserta Persami MINU Miftahul Ulum Kejapanan, Gempol, Kabupaten Pasuruan, menerima hadiah dari guru. (Foto: NOJ/Sutrisno Akbar)

Pasuruan, NU Online Jatim

Untuk melatih jiwa patriot, mandiri dan berjiwa sosial tak cukup hanya dengan menerima materi pembelajaran secara teori di kelas, namun perlu praktik lapangan dan pengenalan terhadap lingkungan dan alam sekitar. Atas alasan itu Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Miftahul Ulum Kejapanan, Gempol, Kabupaten Pasuruan menggelar Persami, Sabtu-Ahad (29-30/01/2022).

 

Siti Swaibah Ningsih, Kepala MINU Miftahul Ulum Kejapanan, mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan agenda yang telah disepakati bersama dewan guru saat rapat awal tahun pembelajaran pada bulan Juli yang lalu.

 

"Dalam rapat awal tahun kita selalu mengagendakan kegiatan berbasis lingkungan dan alam sebagai materi diluar kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas. Karena dua tahun terakhir sempat tidak ada kegiatan satu pun yang disebabkan karena Covid-19, maka tahun 2022 ini kita mulai aktifkan kembali seluruh kegitan siswa yang sudah terencana dalam kalender pendidikan," katanya kepada NU Online Jatim, Senin (31/01/2022).

 

Lebih lanjut Swaibah menuturkan bahwa kegiatan yang dilakukan secara mandiri oleh lembaga yang dipimpinnya tersebut diikuti oleh seluruh siswa Kelas 4 sampai Kelas 6 dan semua dewan guru bermalam di sekolah.

 

"Karena materi yang diberikan ada kegiatan api unggun di malam hari dan jelajah alam esok harinya maka yang diwajibkan ikut hanya kelas atas (4-6) saja," imbuh wanita kelahiran 1980 tersebut.

 

Sementara itu, Nefertari Arabella NU Al Rochman, salah satu siswi Kelas 6 yang mengikuti perkemahan Persami mengaku sangat senang sekali dengan kegiatan tersebut karena dikenalkan pada kegiatan yang bersentuhan langsung dengan alam dan kebersamaan.


Tapal Kuda Terbaru