• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 27 September 2022

Madura

Sinergikan Program, Begini Instruksi Ketua PW JQHNU Jatim

Sinergikan Program, Begini Instruksi Ketua PW JQHNU Jatim
Ketua PW JQHNU Jatim saat memberikan sambutan. (Foto: NOJ/Firdausi)
Ketua PW JQHNU Jatim saat memberikan sambutan. (Foto: NOJ/Firdausi)

Sumenep, NU Online Jatim

Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Jam’iyyatul Qurra’ wal Huffazh Nahdlatul Ulama (JQHNU) Jawa Timur, KH M Zainul Arifin merasa senang saat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep mendukung program JQHNU.
 

“Ini peluang bagi kita untuk mensyiarkan Al-Qur’an di Kota Keris. Bahkan dalam sambutan KH A Pandji Taufiq menegaskan bahwa Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep siap mengawal programnya dan mengantarkan ke pelosok pedesaan saat mengalami kesulitan,” ujarnya saat mengawali sambutannya di acara pelantikan pengurus Pimpinan Cabang (PC) JQHNU Sumenep di aula kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumenep.
 

Berangkat dari pernyataan tersebut, dirinya mengimbau untuk menyelenggarakan Rapat Kerja (Raker) untuk dijadikan landasan resmi atau legalitas program.
 

“Ada 9 bidang pembinaan ilmu yang akan masuk dalam program kerja, kami menyebutnya bintang songo, antara lain, tilawah, tahfidz, qiraat sab'ah, tafsir, kaligrafi, ta’lif wan-nasyr, PPQ-TPQ, usaha dan koperasi, serta penelitian,” terangnya, Sabtu (18/12/2021).
 

Dirinya berharap, program JQHNU harus disinergikan dengan lembaga sebagai departemen NU. Hal terpenting lagi adalah membentuk Pimpinan Anak Cabang (PAC) di setiap kecamatan untuk dijadikan jaringan dan penguatan syiar Al-Qur’an.
 

“Di zaman 5.0, pengurus harus memaksimalkan platform, seperti halnya kami bersinergi dengan tim multimedia untuk membumikan Al-Qur’an secara online. Setiap senin dan kamis, kami rutin mengadakan kajian yang di live di kanal YouTube AMTV. Sebaliknya, TVNU Sumenep harus mendukung program kita, sehingga keberadaannya dirasakan oleh masyarakat. Mudah-mudahan programnya membawa berkah pada warga,” pintanya.
 

Tak hanya itu, ia mengingatkan bahwa, visi JQHNU adalah terwujudnya nilai-nilai Al-Qur’an di kalangan masyarakat bagi generasi ulama dan umara.
 

“Oleh karena itu, berbagai isu dan problem yang mencuat di kabupaten ini harus dikawal agar tidak keluar dari jalur. Jangan takut dan khawatir, sebab Allah memberikan yang terbaik. Nanti kalian akan merasakan sendiri. Mudah-mudahan program,” pungkasnya.


Madura Terbaru