• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 26 September 2022

Madura

Bupati Sumenep Ajak Siapkan Generasi Muda Cinta Al-Qur'an

Bupati Sumenep Ajak Siapkan Generasi Muda Cinta Al-Qur'an
Bupati Sumenep, Ahmad Fauzi saat memberikan sambutan pada acara pelantikan PC JQHNU Sumenep. (Foto: NOJ/ Moh Khss)
Bupati Sumenep, Ahmad Fauzi saat memberikan sambutan pada acara pelantikan PC JQHNU Sumenep. (Foto: NOJ/ Moh Khss)

Sumenep, NU Online Jatim

Ahmad Fauzi, Bupati Sumenep mengajak seluruh elemen untuk membangun generasi muda cinta Al-Qur'an. Hal itu disampaikan Fauzi saat pelantikan Pengurus Cabang (PC) Jam'iyyatul Qurra' Wal Huffazh Nahdlatul Ulama (JQHNU) Sumenep, Sabtu (18/12/2021).
 

"Pada dasarnya pemerintah Kabupaten Sumenep selalu terbuka dan support kepada pengurus  yang habis dilantik hari ini untuk terus bersama-sama sering sejalan dalam hal apapun," kata Fauzi.
 

Pelantikan JQHNU Sumenep tersebut, menurut Fauzi sangat penting untuk dilakukan di tengah-tengah masyarakat, khususnya lembaga pendidikan. JQHNU dapat dijadikan sarana memompa semangat generasi muda untuk lebih mencintai Al-Qur'an.
 

Ia juga mengajak seluruh elemen untuk menjadikan tahfidz sebagai kurikulum dalam pembelajaran siswa.
 

"Saya juga berharap siswa yang mampu menghafal (Al-Qur'an) dinilai anak yang cerdas dan memiliki kelebihan tersendiri dibanding yang lain," ujarnya.
 

Tidak hanya itu, ia meminta JQHNU Sumenep  terus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang makna-makna Al-Qur'an yang baik dan benar. Sehingga kedepan JQHNU dan Pemerintah Kabupaten Sumenep dapat bersama-sama membangun masyarakat Islam dan menjawab permasalahan umat.

"JQHNU sebagai penghimpun lembaga qori' dan kajian Qur'an harus dapat memberikan edukasi tentang makna yang benar secara teks maupun konteks dalam Al-Qur'an," ucapnya.
 

Menurut Fauzi, menanamkan rasa cinta terhadap Al-Qur'an harus dimulai sejak dini. Sebab, generasi muda yang akan mewarisi teras perjuangan di masa yang akan datang.
 

"Mereka kelak akan menjadi generasi Qur'an yang berakhlakul  karimah, dan akan mewarisi kita semua," tegasnya.
 


Pada pelantikan PC JQHNU Sumenep itu juga dihari oleh Ketua Pengurus Pusat (PP) JQHNU, KH Syaifullah Maksum, Ketua Pengurus Wilayah (PW) JQHNU Jawa Timur,  KH Zainul Arifin, perwakilan Kementerian Agama Kabupaten Sumenep, dan Ketua PCNU Sumenep, KH A Pandji Taufik.
 

Editor: Romza
 


Editor:

Madura Terbaru