• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 27 Juni 2022

Metropolis

Gus Salam Usulkan Pendirian Kantor Ranting NU di Wadas

Gus Salam Usulkan Pendirian Kantor Ranting NU di Wadas
Gus Salam saat berdakwah di Wadas, Purworejo, Jawa Tengah. (Foto: NOJ/ Risma Savhira)
Gus Salam saat berdakwah di Wadas, Purworejo, Jawa Tengah. (Foto: NOJ/ Risma Savhira)

Surabaya, NU Online Jatim

Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Abdussalam Shohib atau Gus Salam mengusulkan, untuk mendirikan kantor Ranting NU di Wadas. Menurutnya, kantor tersebut nantinya dapat dijadikan sebagai monumen pusat perjuangan hak rakyat.


Penegasan tersebut disampaikan Gus Salam saat berdakwah di Wadas, Purworejo, Jawa Tengah, Rabu (16/03/2022). Dalam kesempatan itu, Gus Salam hadir ke Wadas bersama KH Abdurrahman Al-Kautsar atau Gus Kautsar dari Pondok Pesantren Al-Falah Ploso, Kediri.


"Saya mengusulkan agar di Wadas didirikan kantor Ranting NU sebagai pusat perjuangan hak rakyat. Nanti koordinasi antar masyarakat bisa dilakukan di kantor tersebut,” ungkapnya.


Pengasuh Pondok Pesantren Mamba'ul Ma'arif Denanyar Jombang itu juga mengatakan, bahwa segala kebijakan pemerintah dan aparatur negara harus mengutamakan kemaslahatan rakyat.


"Semua kebijakan pemerintah dan aparatur negara harus memihak kepada rakyat, karena itu adalah kaidah fiqih. Jika ada pemimpin yang tidak memihak kepada rakyat berarti melanggar syariat," tegasnya.


Selain itu, Gus Salam mengingatkan warga setempat untuk tidak anarkis dalam memperjuangkan haknya.


“Ini penting menjadi perhatian kita bersama. Amar ma’ruf nahi munkar harus tetap dipegang. Tapi ingat, janganlah kita berbuat anarkis yang bisa merugikan kita sendiri,” pungkasnya.


Metropolis Terbaru