• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 2 Juli 2022

Metropolis

HSN 2021, LAZISNU Sidoarjo Galang Donasi Bangun Masjid KH Hasyim Asy'ari

HSN 2021, LAZISNU Sidoarjo Galang Donasi Bangun Masjid KH Hasyim Asy'ari
NU Care-LAZISNU Kabupaten Sidoarjo menggelar rapat koordinasi dengan pengurus UPZIS LAZISNU MWC se-Kabupaten Sidoarjo di Kantor PCNU setempat terkait galan donasi pembangunan Masjid KH Hasyim Asy’ari. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)
NU Care-LAZISNU Kabupaten Sidoarjo menggelar rapat koordinasi dengan pengurus UPZIS LAZISNU MWC se-Kabupaten Sidoarjo di Kantor PCNU setempat terkait galan donasi pembangunan Masjid KH Hasyim Asy’ari. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pada momentum peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021 ini, NU Care-Lembaga Amil, Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Sidoarjo akan melakukan penggalangan donasi. Tema yang diusung ialah ‘Khidmah Pembangunan Masjid KH Hasyim Asy’ari dan Kemaslahatan Ummat’.

 

Ketua NU Care-LAZISNU Sidoarjo, Muh Ihsan mengatakan kegiatan ini sekaligus dalam rangka mendukung suksesi Konferensi Cabang (Konfercab) ke-XXI Nahdlatul Ulama (NU)  Kabupaten  Sidoarjo yang akan dihelat pada Bulan Nopember mendatang.

 

“Agenda rapat yang dihadiri oleh mayoritas pengurus Unit Pengelola Zakat, Infak, Shadaqah (UPZIS) LAZISNU Majelis Wakil Cabang (MWC) se-Kabupaten Sidoarjo di Kantor PCNU Sidoarjo sore hari ini, disepakati akan melakukan penggalangan donasi tersebut. Untuk hal teknis akan kami kirimkan menyusul melalui surat edaran resmi,” katanya kepada NU Online Jatim, Jum’at (01/10/2021).

 

Dirinya menambahkan, NU Care-LAZISNU Sidoarjo berupaya turut berkontribusi melalui gerakan ini dengan menggandeng Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif Nahdlatul Ulama (NU) Sidoarjo. Rencananya, pihaknya juga akan mencoba bekerjasama dengan Pengurus Cabang (PC) Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) setempat.

 

“Nantinya para penggerak LAZISNU di semua tingkatan, terutama UPZIS LAZISNU MWC yang akan bergerak di lapangan," terang Ihsan.

 

Ia berharap, kegiatan tersebut mendapat dukungan dari seluruh elemen masyarakat dan umat. Yakni dengan berbondong-bondong berkontribusi atau memberikan infaq dan shadaqahnya untuk pembangunan Masjid KH Hasyim Asy’ari yang jadi aset milik PCNU setempat ini. "Sehingga pembangunannya bisa cepat selesai dan bisa segera dimanfaatkan oleh umat,” tegas Ihsan.

 

Dijelaskannya, teknis penggalangan donasi tersebut nanti akan menyasar anak didik sekolah-sekolah yang berada di bawah naungan PC LP Ma’arif NU Sidoarjo dengan sistem ‘Sedekah Sedino Sewu’ (shadaqah satu hari seribu rupiah) yang dilakukan selama tujuh hari. Hal ini sekaligus bertujuan melatih siswa agar gemar bersedekah sejak dini.

 

“Adapun pelaksanaannya pada tanggal 18-28 Oktober 2021, dan ditargetkan selesai  14 Nopember 2021 atau sebelum Konfercab digelar. Hasil donasi yang terkumpul rencananya akan kita serahkan secara simbolis bersama PC LP Ma’arif NU dan PC LTMNU Sidoarjo kepada PCNU Sidoarjo saat Konfercab,” pungkasnya.

 

 

Sebagaimana diketahui, Masjid KH Hasyim Asy’ari yang lokasinya berada di dalam komplek Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) saat ini masih dalam proses pembangunan. Masjid ini rencananya juga akan dijadikan sebagai ikon pergerakan warga NU Sidoarjo.


Metropolis Terbaru