• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Metropolis

SMK Plus NU Sidoarjo Gelar Praktik Kurikulum Bersama BSI

SMK Plus NU Sidoarjo Gelar Praktik Kurikulum Bersama BSI
Siswa SMK Plus Sidoarjo saat praktik di mobil Kas Keliling on Site dari pihak Dudika Bank Syariah Indonesia (BSI). (Foto: NOJ/ Rahmat Salam).
Siswa SMK Plus Sidoarjo saat praktik di mobil Kas Keliling on Site dari pihak Dudika Bank Syariah Indonesia (BSI). (Foto: NOJ/ Rahmat Salam).

Sidoarjo, NU Online Jatim

SMK Plus NU Sidoarjo menggelar praktik kurikulum dengan mendatangkan mobil Kas Keliling on Site dari pihak Dudika Bank Syariah Indonesia (BSI). Kegiatan ini dilaksanakan di halaman SMak Plus NU Sidoarjo, Rabu (29/09/2021).

 

Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari link and match yang diikuti oleh seluruh peserta dari siswa kelas XI Perbankan Syariah dan XI Akuntansi.

 

"Kurikulum ini siswa-siswi diajarkan memasukkan data nasabah baru. Misal membuka rekening, aktivasi ATM lama ke baru (migrasi)," kata Is Rianda Megasari selaku Kaprodi

 

Rianda menyebutkan, siswanya juga diajarkan untuk cara menghitung uang dengan cepat dan membedakan uang palsu dengan asli menggunakan cara manual yaitu melihat, meraba, menerawang (3-M).

 

"Diajarkan juga cara kalau ada kesalahan dalam menginput data, mencetak buku tabungan, penggunaan mesin ATM," tambahnya.

 

Lebih jauh ia menjelaskan, program tersebut dilakukan secara berkala setiap bulan sebagai upaya mensinkronkan kurikulum dengan pembelajaran yang ada di dunia kerja.

 

Ini merupakan salah satu program tindak lanjut dari kegiatan link and match dengan dudika BSI.

 

"Sebelumnya dari dudika BSI juga hadir sebagai guru tamu memberikan motivasi ke siswa-siswi perbankan Syariah dan Akuntansi," katanya.

 

Dossi Romlah, salah satu siswa SMK Plus NU Sidoarjo merasa senang atas model pembelajaran yang diterimanya saat ini.

 

"Saya senang karena ada pembelajaran praktik di sekolah, kalau bisa lebih sering lagi supaya lebih tahu tentang pembelajaran praktik di dunia industri," ucapnya.

 

Sementara itu, Sukemi Riadi selaku Wakil Kepala Kurikulum merasa senang dengan terlaksananya program kerja sama kepercayaan pihak perusahaan terhadap SMK Plus NU Sidoarjo ini.

 

"Alhamdulillah dengan adanya dunia kerja dan industri dari bank bank-bank syariah Indonesia yang telah percaya dengan SMK Plus NU Sidoarjo," kata Riyadi kepada NU Online Jatim.

 

Dikatakan pula, program ini sebagai upaya melatih keterampilan siswa-siswi SMK Plus NU Sidoarjo terutama jurusan perbankan syariah. Serta mendapatkan kesempatan belajar langsung dari Bank Syariah Indonesia.

 

 

Hal ini memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa jurusan perbankan syariah di SMK Plus NU Sidoarjo mendapatkan kepercayaan oleh dunia usaha Bank Syariah Indonesia.

 

"Semoga SMK Plus NU Sidoarjo selalu mendapatkan kepercayaan dari masyarakat untuk dapat menyekolahkan anaknya disini," harapnya.

 

Penulis: Rahmat Salam


Editor:

Metropolis Terbaru