• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 31 Januari 2023

Metropolis

Innalillahi, Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Wafat

Innalillahi, Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Wafat
Ketua Dewan Pers, Azyumardi Azra Wafat. (Foto: NOJ/ ISt)
Ketua Dewan Pers, Azyumardi Azra Wafat. (Foto: NOJ/ ISt)

Surabaya, NU Online Jatim
Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Cendekiawan Muslim yang juga Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra dikabarkan wafat pada Ahad (18/09/2022) di Malaysia. Hal tersebut menyusul setelah sebelumnya dilakukan perawatan di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia.


"Benar. Saya konfirmasi ke istri beliau yang berada di sana," kata Ninik Rahayu, Ketua Komisi Penelitian, Pendataan, dan Ratifikasi Dewan Pers, dilansir dari detikcom, Ahad (18/09/2022).


Ia menyebutkan, jenazah almarhum kelahiran 4 Maret 1955 itu saat ini tengah diurus oleh kedutaan besar Republik Indonesia untuk Malaysia. Disebutkan, bahwa Azyumardi menjalani perawatan intensif karena serangan jantung dalam lawatannya ke Malaysia.


Azyumardi melawat ke Malaysia menghadiri undangan dari Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) yang akan menggelar Konferensi Internasional Kosmopolitan Islam pada Sabtu (17/09/2022) kemarin di Selangor, Malaysia,.


Presiden ABIM Muhammad Faisal Abd Aziz mengatakan, Azyumardi akan menjadi salah satu pembicara dalam konferensi tersebut. Beberapa pembicara lainnya berasal dari Malaysia, Indonesia, dan Brunei Darussalam.


“Konferensi itu akan dibuka oleh Ketua Emeritus Institut Internasional Pemikiran Islam (IIIT) Anwar Ibrahim,” katanya saat ditemui di Rumah Sakit Serdang, Jumat (16/09/2022) sore.


Diketahui, Azyumardi adalah orang Asia Tenggara pertama yang dinobatkan sebagai Profesor Fellow di Universitas Melbourne, Australia periode tahun 2004-2009. Dia juga menjadi salah satu anggota Teman Serikat Kemitraan bagi Pembaruan Tata Pemerintahan.


Tak hanya itu, Guru Besar Sejarah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini pernah menjadi anggota Dewan Penyantun (Board of Trustees) International Islamic University Islamabad Pakistan pada tahun 2004-2009.


Metropolis Terbaru