• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 29 September 2022

Metropolis

Innalillahi, KH Mahfud Syaubari, Sosok Kiai Entrepreneurship Itu Berpulang

Innalillahi, KH Mahfud Syaubari, Sosok Kiai Entrepreneurship Itu Berpulang
KH Mahfud Syaubari (Foto:NOJ/facebook)
KH Mahfud Syaubari (Foto:NOJ/facebook)

Surabaya, NU Online Jatim
KH Mahfudz Syaubari MA adalah sosok kiai yang memiliki pendirian kuat, tegas, dan disiplin. Dilansir dari website Riyadul Jannah, beliau lahir pada tanggal  20 Nopember 1954 di Demak Jawa Tengah. Kiai yang dikenal dermawan ini genealogi keilmuannya didapatkan dari beberapa pesantren di Jawa Tengah, kemudian di Al Falah Ploso Kediri lalu dilanjutkan mendalami ilmu di Makkah di bawah bimbingan Sayyid Muhammad bin Alawy al-Maliki Makkah.


Kiai yang hobi memancing ikan di kolam pribadinya ini selain menjadi pengasuh Pondok pesantren Riyadlul Jannah Pacet, juga berkhidmah menjadi pembina berbagai majlis ta’lim di Surabaya. Beliau termasuk Ketua Rabithah Ma'arid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMINU) Jawa Timur  periode 2002-2007. dan team asistensi wilayah luar Jawa RMI Pusat.


KH Mahfudz Syaubari  adalah figur ulama intelektual, enterpreunership yang sangat kuat menanamkan jiwa kemandirian pada semua santri, baik secara pribadi atau lembaga. Salah satu buktinya adalah pembangunan pondok yang sangat pesat tidak terlepas dari tangan dinginnya dengan melibatkan seluruh santri tanpa terkecuali.


Bangunan-bangunan yang berdiri di lingkungan pesantren kebanyakan adalah murni hasil karya santri. Bahkan beberapa gerai bisnis usaha seperti fast food sukses dijalankan oleh kiai bersahaja ini.


Pada satu kesempatan, KH Nurul Huda Djazuli pernah dawuh, santri harus memiliki kreatifitas di bidang usaha. Dan meminta santri mencontoh Kiai Mahfud Syaubari yang sukses mendirikan beberapa bisnis usaha, sehingga menjadi sosok ulama yang mandiri, bukan mengharap pemberian orang lain.


Tersiar kabar pada hari ini, Selasa (16/08/2022), KH. Mahfud berpulang ke rahmatullah, setelah sebelumnya istri beliau bernama Nyai Hj. Faicha Mahfud pada hari Ahad (14/08/2022) berpulang. Ighfirlahuma warhamhuma wa afihima wa’fu anhuma.


Editor:

Metropolis Terbaru