• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 15 Agustus 2022

Metropolis

IPNU-IPPNU Unesa Surabaya Gelar Webinar Ideologi Kebangsaan

IPNU-IPPNU Unesa Surabaya Gelar Webinar Ideologi Kebangsaan
Kegiatan webinar PKPT IPNU-IPPNU Unesa Surabaya. (Foto: NOJ/RH)
Kegiatan webinar PKPT IPNU-IPPNU Unesa Surabaya. (Foto: NOJ/RH)

Surabaya, NU Online Jatim
Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menggelar webinar bertajuk 'Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Semangat Trilogi pada Pelajar Nahdlatul Ulama', Sabtu (28/05/2022).


Narasumber Webinar, Mufarrihul Hazin mengatakan, kelahiran Pancasila tidak lepas dari peran sentral tokoh sekaligus pendiri NU Hadratus Syaikh KH Hasyim Asy'ari. sebelum menerima rumusan Pancasila, KH Hasyim Asy'ari melakukan tirakat atau menjalani spiritual dengan memohon kepada Allah SWT untuk mencapai sesuatu yang diinginkan.


“Tirakat tersebut diantaranya dengan menjalankan puasa tiga hari, mengkhatamkan Al Qur'an, sholat istikharah dan membaca surat Al Kahfi hingga puluhan kali,” katanya.


Ketua Pelaksana Webinar, Muhammad Musholi menyampaikan alasan pengambilan tema webinar kali ini. Dirinya memilih tema tersebut karena pada perkembangan zaman yang semakin modern ini banyak sekali aliran-aliran yang didalamnya berselimutkan keislaman, tapi untuk perilaku atau sikap tindakan tidak mencerminkan orang Islam.


“Jadi untuk sifatnya itu lebih ke arah radikalisme, tidak adanya sifat toleransi, perbedaan pendapat keyakinan di jadikan sebuah permusuhan dan lain sebagainya,” ujarnya.


Pihaknya berharap, dengan memilih tema ini teman-teman jadi memiliki dasar pondasi islam yang berakhidah Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah yang utuh.


“Yang mana didalamnya menerapkan sifat-sifat, perilaku, dan perbuatan sesuai nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila", ungkapnya.


Senada dengan itu, Ketua PKPT IPNU Unesa, M Khoirur Rozikin mengungkapkan rasa syukur dan harapan besar kepada panitia untuk mengimplementasikan dan mengembangkan organisasi IPNU-IPPNU kampus.


“Webinar ini tidak hanya sebagai penggugur kewajiban tugas Rencana Tindak Lanjuut (RTL), namun juga gerbang awal untuk membangun Pimpinan Anak Komisariat Perguruan Tinggi (PAKPT) kedepannya,” terangnya.


Menurutnya, webinar kali ini merupakan salah satu rangkaian RTL Makesta 2022, dengan diadakannya webinar ini sesuai dengan temanya Internalisasi yang berarti penghayatan terhadap suatu ajaran dalam yang dilanjut dengan implementasi melalui sikap dan perilaku.


“Diharapkan dengan pemahaman lebih dalam mengenai pancasila, mulai dari sejarah, alasan, makna dari pancasila itu sendiri dapat menjadi pedoman melakukan perjuangan, terlebih khusus untuk pelajar NU dalam semangat berjuang, belajar dan bertaqwa", pungkasnya.


Penulis: Reksi Hayuningjati


Metropolis Terbaru