• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 5 Desember 2022

Metropolis

Unesa Jalin Kerja Sama dengan PWNU Jatim

Unesa Jalin Kerja Sama dengan PWNU Jatim
Penandatanganan kerja sama Unesa dengan PWNU Jatim. (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)
Penandatanganan kerja sama Unesa dengan PWNU Jatim. (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menjalin kerja sama dengan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur. Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan oleh Rektor Unesa Nurhasan dan Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar.

 

“Kerja sama ini merupakan kesepakatan yang bersifat umum terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi. Nanti kita tindak lanjuti di tingkat fakultas, lembaga, sampai program studi dalam bentuk Memorandum off Agrement (MoA) dan Memorandum off Implementatiom (MoI),” kata Nurhasan selaku Rektor Unesa kepada NU Online Jatim, Ahad (20/02/2022).

 

Menurutnya, yang mendasari Unesa menjalin kerja sama dengan PWNU Jatim adalah kesadaran bahwa di era industri 4.0  kerja sama dengan berbagai pihak merupakan keharusan. Ini dikarenakan ke depan yang dibutuhkan bukan sekedar kemampuan bersaing, tapi juga bersanding. Bukan sekedar bisa kompetisi tapi juga kolaborasi.

 

“Karena hal itu sesuai dengan motto Unesa, yaitu ‘Bersama Kita Bisa Bekerja Sama’,” ungkapnya.

 

Alasan kedua adalah karena saat ini Kemdikbudristek sedang menerapkan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program MBKM menuntut Perguruan Tinggi (PT) harus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak. baik Pemda, BUMN, organisasi keagamaan, lembaga Pendidikan, dan lain sebagainya.

 

“Atas dasar dua hal tersebut, Unesa akan terus menjalin kerja sama dangan berbagai pihak. Salah satunya PWNU Jatim sebagai salah satu lembaga keagamaan terbesar di Jawa Timur,” terangnya.   

 

Nurhasan berharap, kerja sama ini benar-benar memberikan nilai tambah kepada kedua belah pihak. Menurutnya, kerja sama ini tidak boleh berhenti sekedar formalitas, tetapi harus ditindaklaunjuti secara konkrit berupa kegiatan-kegiatan di tataran fakultas, lembaga, maupun program studi di Unesa.

 

“Misalnya pengembangan SDM di lembaga pendidikan NU, beasiswa studi lanjut, MBKM, pengabdian masyarakat untuk pengembangan ekonomi ummat, dan lain sebagainya sesuai dangan kebutuhan para pihak,” imbuhnya.

 

Disebutkan, Unesa akan selalu membuka peluang untuk bekerja sama dengan PWNU Jatim. Apalagi PWNU dan Unesa kan memiliki konsen yang sama untuk terus berkomitmen dalam pengembangan SDM umat.

 

“Kami akan selalu terbuka untuk melakukan kerja sama dengan berbagai pihak, apalagi dengan PWNU Jatim yang memiliki konsen yang sama untuk kemaslahatan umat,” pungkasnya.


Metropolis Terbaru