• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 6 Desember 2022

Tapal Kuda

Jalin Kerja Sama, NU Situbondo Silaturahim ke Kemenag Jatim

Jalin Kerja Sama, NU Situbondo Silaturahim ke Kemenag Jatim
Rombongan PCNU Situbondo saat bersilaturahim dengan Kemenag Jatim. (Foto: NOJ/ Muhammad Fathurrahman Pratama)
Rombongan PCNU Situbondo saat bersilaturahim dengan Kemenag Jatim. (Foto: NOJ/ Muhammad Fathurrahman Pratama)

Situbondo, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Situbondo melakukan silaturahim dengan Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Timur, Senin (07/02/2022). Rombongan PCNU Situbondo tersebut diterima oleh Kepala Kementerian Agama Wilayah Jawa Timur, KH Husnul Marom, di ruang kerjanya.

 

Dalam silaturahim tersebut, PCNU Situbondo diwakili oleh Ketua PCNU KH Muhyiddin Khatib dan Wakil Ketua PCNU Kiai Fatah Yasin. Selain itu, turut serta pula Ketua Himpunan Pengusaha Nahdlatul Ulama (HPN) Situbondo, Ashari.

 

Kiai Muhyidin menyampaikan, bahwa silaturahim tersebut membicarakan sejumlah kerja sama yang akan dilakukan kedua belah pihak.

 

"Alhamdulillah, PCNU Situbondo bisa bersilaturahim dengan Kemenag Jawa Timur. Ada beberapa kerja sama yang kami bahas, termasuk kerja sama yang sudah dicanangkan oleh PCNU dengan Kemenag Situbondo sebelumnya," katanya.

 

Dirinya menyebutkan, kerja sama yang sedang direncanakan antara Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU dengan Kemenag Situbondo. Ada pula kerja sama Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMINU) dalam hal peningkatan mutu pesantren di Situbondo.

 

Kiai yang juga salah satu anggota Majelis Masyaikh Kementerian Agama RI tersebut menambahkan, ada pula beberapa hal penting yang dibahas bersama Kemenag Jawa Timur.

 

"Salah satu hal yang kami bahas yakni tentang penyaringan pesantren-pesantren di Jawa Timur. Karena tidak bisa dipungkiri sudah banyak berdiri pesantren yang terindikasi radikal dan mengajarkan antipati terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," tegasnya.

 

Tak cukup itu, Kiai Muhyidin menuturkan dimungkinkan juga akan dilakukan kerja sama antara HPN Situbondo dengan Kemenag Jawa Timur. Yakni, rencana akan dibentuknya Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) di bawah naungan PCNU Situbondo.

 

“Kemudian kita kembangkan, tidak hanya sebatas halal tetapi juga suci. Nah, di sinilah peran HPN untuk mengadakan training kepada sumber daya manusia (SDM) di Situbondo," imbuhnya.

 

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama Wilayah Jawa Timur, Kiai Husnul Marom berharap, agar inovasi yang dilakukan oleh PCNU Situbondo dapat ditiru oleh PCNU lain di Jawa Timur.

  

"Saya harap PCNU Situbondo dapat menularkan kerja sama tersebut kepada PCNU yang lain. Kerja sama ini tidak hanya dalam hal itu, tetapi dalam hal lain yang berkaitan dengan edukasi pendidikan kepada masyarakat," terangnya.


Tapal Kuda Terbaru