• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 26 September 2022

Jujugan

Tajin Palappa, Kuliner Khas Situbondo yang Bikin Ngiler

Tajin Palappa, Kuliner Khas Situbondo yang Bikin Ngiler
Tajin Palappa, kuliner khas Situbondo. (Foto: NOJ/JTl)
Tajin Palappa, kuliner khas Situbondo. (Foto: NOJ/JTl)

Situbondo, NU Online Jatim
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memamerkan salah satu kuliner khas yakni Tajin Palappa. Perempuan yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muslimat NU ini menyatakan bahwa makanan tersebut sangat disarankan kepada pemburu kuliner khas.
 

“Salah satu rekomendasi sarapan pagi dari Jawa Timur yang tidak ada obatnya. Namanya Tajin Palappa,” kata Khofifah di akun Instagramnya, Sabtu (22/01/2022). 
 

Menurutnya, makanan ini khas dan demikian beda. Karena bubur lezat khas Situbondo tersebut berisi kangkung, tauge, dan tahu. Kemudian diguyur dengan bumbu kacang yang dicampur petis dan belimbing wuluh.
 

Toppingnya adalah irisan hongkong alias ote-ote (sejenis bakwan sayur dan udang). Jangan lupa kerupuknya biar makin meriah. 
 

“Penasaran? Kuliner ini jangan dilewatkan saat berkunjung ke Situbondo atau mau menyeberang ke Bali via Banyuwangi. Ancene, Jatim gudangnya kuliner enak,” tutupnya.
 

Penelusuran media ini, Tajin Palappa adalah kuliner asal Madura. Dalam bahasa daerah Madura, tajin artinya adalah bubur, dan palappa maknanya bumbu. Makanan khas Madura ini bisa menjadi kuliner khas Kabupaten Situbondo karena sebagian besar masyarakatnya adalah pendatang dari Pulau Madura.
 

Berbeda dengan bubur ayam pada umumnya, bubur satu ini justru tidak menggunakan suwiran ayam sama sekali melainkan dilengkapi dengan sayuran. Tajin palapa biasa disajikan dengan rebusan sayur kangkung dan tauge yang kemudian di atasnya dibubuhi bumbu kacang yang encer.  Tajin akan semakin lezat disantap dengan bakwan goreng serta sambal. 
 

Cara penyajiannya, pertama tuang bubur di mangkuk, beri kangkung dan tauge, lalu siram bumbu pecelnya dan terakhir diberi irisan bakwan.
 

Kuliner tradisional yang sudah dihidangkan secara turun-temurun ini menjadi salah satu sarapan wajib bagi warga setempat. Di Situbondo sendiri, tajin palappa banyak dijual di pinggir jalan oleh para pedagang kaki lima. 
 

Jika anda sudah pernah ke Situbondo, pedangan kaki lima tersebut akan banyak ditemui di jalan Kenanga, Cenderawasih, Semeru, dan lainnya. Anda juga bisa menemukan tajin palapa saat Pemda Situbondo mengadakan festival kuliner.
 

Penasaran? Segera meluncur selagi pagi agar tidak ngiler.


Jujugan Terbaru